Menanti Duel Sandy Walsh vs Kaoru Mitoma di Qatar – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia akan berada di grup yang sulit dengan Timnas Jepang untuk Piala Asia 2023. Prospek laga Sandy Walsh vs Kaoru Mitoma di Qatar menarik untuk dinantikan.

Undian Piala Asia 2023 digelar di negara tuan rumah di Qatar, Kamis (11/5/2023). Berdasarkan voting tersebut, Timnas Indonesia masuk dalam grup maut.

Timnas senior Indonesia berada di Grup D bersama dua juara Piala Asia, Jepang dan Irak. Jepang adalah pemegang rekor juara Piala Asia dengan empat gelar, sedangkan Irak meraih gelar tersebut pada 2007 saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Negara lain yang tergabung dalam Grup D adalah tim kuat yang juga berasal dari Asia Tenggara, Vietnam. Bisa dibilang kekuatan Vietnam di ASEAN kini jauh lebih besar dari Indonesia.

Ya, Grup D khususnya Jepang akan menjadi ujian pahit bagi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar mulai Januari tahun depan.

Menariknya, undian ini memberikan kesempatan kepada pemain naturalisasi Indonesia Sandy Walsh untuk kembali bersaing dengan bintang Jepang yang sedang naik daun di Liga Inggris, Kaoru Mitoma.

Pemain sayap Brighton Kaoru Mitoma. (Twitter/@OfficialBHAFC)

Sebagai informasi, Mitoma bergabung dengan Brighton sejak 2020 usai Olimpiade Tokyo. Namun, winger berusia 25 tahun itu tak bisa langsung dimainkan karena terkendala izin kerja di Inggris.

Alhasil, pemain lincah ini harus dipinjamkan ke Liga Belgia terlebih dahulu. Dia bergabung dengan salah satu tim kuat Belgia, Union Saint-Gilloise.

Mitoma bermain satu musim di Union. Bermain di Liga Jupiler, kompetisi kasta tertinggi Liga Belgia, Mitoma berkesempatan menghadapi pemain naturalisasi Indonesia, Sandy Walsh.

Menurut catatan TransfermarktUnion selama musim 2021/2022 empat kali bertemu klub Sandy Walsh di Belgia, KV Mechelen.

Pertemuan pertama berlangsung pada 23 Agustus 2021 sebagai lanjutan Liga Jupiler. Sayangnya, pada pertandingan tersebut Mitoma tidak dimainkan. Meski Walsh bermain 90 menit penuh dan bek kanan berusia 28 tahun itu berhasil membawa KV Mechelen meraih kemenangan 3-1.

Dalam pertemuan kedua Royal Union vs KV Mechelen pada 27 Oktober 2021 di Piala Belgia, giliran Walsh yang tidak bermain dan Mitoma yang bermain.

Jadi, pertarungan langsung pertama antara Walsh dan Mitoma akan berlangsung pada 12 Desember 2021 sebagai kelanjutan dari Liga Jupiler.

Dalam pertandingan tersebut, Mitoma dan Walsh bermain selama 90 menit penuh. Sayangnya, hasil akhir tidak berpihak pada klub Walsh. Mechelen kalah 0-2 dari Union.

Tentunya, dengan timnas Indonesia menghadapi Jepang di Piala Asia 2023, Walsh berpotensi kembali melindungi Mitoma. Pasalnya, berbicara soal posisi bermain, kedua pesepakbola ini berpotensi saling beradu di Qatar nanti.

Sandy Walsh yang mengungkap pembunuh Timnas Indonesia (@sandywalsh)
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh. (IG @sandywalsh)

Jika bisa melanjutkan performa apiknya di level tertinggi sepak bola Inggris, Mitoma hampir dipastikan akan mengisi sektor sayap kiri timnas Jepang di Piala Asia 2023.

Sementara itu, Walsh dipercaya akan melakoni debutnya bersama Timnas senior Indonesia pada FIFA Match Day pada Juni nanti.

Jika bisa tetap fit dan bebas cedera, awal tahun depan tentunya Walsh layak dipertimbangkan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi pilihan utama bek kanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.