Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Jago karena Naturalisasi, Soroti Sikap Pede Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – media Vietnam, VN Ekspresmenilai peningkatan performa Timnas Indonesia belakangan ini tak lepas dari program naturalisasi yang gencar dilakukan PSSI selama tiga tahun terakhir.

Pernyataan itu dibuat VN Ekspres menjawab sikap percaya diri pelatih Shin Tae-yong yang yakin skuad Garuda lolos Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Meski sulit, Shin Tae-yong yakin Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan lolos ke fase selanjutnya.

Saya yakin kami bisa bersaing dengan percaya diri dan melaju ke final pada tahap ini, kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari yang terbaik dari Evelen.

“Harapan saya, kami bisa melaju ke babak kualifikasi final. “Peluangnya sekitar 70 sampai 80 persen,” imbuhnya yakin.

Laga persahabatan antara Timnas Indonesia dan Timnas Palestina (doc. pssi.org)

VN Ekspres pun mengomentari sikap optimis Shin Tae-yong. Mereka menuding, dasar kepercayaan diri sang pelatih tak lain karena timnas Indonesia kini diisi pemain naturalisasi berkualitas.

“Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia terus menambah pemain naturalisasi atau keturunan untuk mengakselerasi kekuatan timnasnya,” tulisnya. VN Ekspres dikutip pada Selasa (7/11/2023).

Untuk melawan Irak dan Filipina, Shin Tae-yong memanggil pemain naturalisasi Belanda seperti Marc Klok dan striker Rafael Struick.

Selain itu, empat bek lagi keturunan Indonesia juga dipanggil, yakni Sandy Walsh, Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Selain respon media Vietnam, Timnas Indonesia memang menunjukkan performa apik sepanjang tahun 2023. Skuad Garuda berhasil mengalahkan tim-tim yang di atas kertas memiliki ranking FIFA lebih tinggi dari mereka, seperti Burundi (3-1, 2-2). , Palestina (0 -0) hingga Turkmenistan (2-0).

Timnas Indonesia terus menanjak peringkat FIFA. Usai menghancurkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 pada Oktober lalu, tim Merah Putih kini menduduki peringkat 145 dunia.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Irak pada hari pertama Grup F pada 16 November, sebelum melakoni laga kedua melawan tuan rumah Filipina lima hari berselang.

Sedangkan laga melawan Vietnam akan dilangsungkan pada pertengahan Maret mendatang. Sebelum bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia dan The Golden Star Warriors akan saling bertemu di fase grup D Piala Asia 2023 pada 19 Januari.