Media Vietnam Heran Shin Tae-yong Masih Umbar Janji saat Timnas Indonesia Terpuruk di Kualifikasi Piala Dunia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – media Vietnam, Ibu 24 jamdikejutkan oleh Shin Tae-yong yang dinilai masih berani menepati janjinya saat skuad Indonesia terseok-seok di awal putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia terpuruk di posisi terbawah Grup F setelah hanya meraih satu poin dari dua laga pertama yang berlangsung pada 16 dan 21 November 2023.

Pada dua laga tersebut, Timnas Indonesia berperan sebagai tim tamu. Garuda kalah 1-5 dari Irak, sebelum imbang dengan tim lemah asal Filipina dengan skor 1-1.

Situasi ini membuat Timnas Indonesia berada di posisi terbawah Grup F dengan selisih satu poin, tertinggal lima poin dari Irak di puncak, dan dua poin dari Vietnam di peringkat kedua. Mereka pun kalah selisih gol dari Filipina yang punya poin sama.

Usai dua hasil buruk tersebut, Shin Tae-yong menegaskan masih yakin Timnas Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia karena skuad Garuda masih menyisakan empat pertandingan lagi.

Dari empat laga tersebut, Timnas Indonesia akan bermain tiga kali di kandang sendiri. Juru taktik asal Korea Selatan itu yakin Saddil Ramdani dan rekan-rekannya bisa tampil bagus saat bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Timnas Indonesia berfoto jelang dimulainya laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina di Manila pada 21 November 2023. JAM STA ROSA / AFP

“Indonesia bermain buruk di Kualifikasi Piala Dunia, Pelatih Shin Tae Yong masih ‘bicara keras’,” tulisnya Ibu 24 jam seperti judul salah satu artikel yang dikutip Kamis (23/11/2023).

Hasil imbang melawan Filipina dinilai merupakan kesalahan besar Indonesia. Bahkan, di atas kertas, Garuda dinilai akan saling dorong untuk mengunci tiket babak ketiga mendampingi Irak yang dinilai sebagai tim terkuat di Grup F.

Situasi tersebut membuat Timnas Indonesia kehilangan arah karena Vietnam terbukti sukses meraih poin penuh saat bertandang ke markas Filipina, sebelum kalah tipis 0-1 dari Irak di kandang sendiri pada 21 November.

“Kami hanya mendapat 1 poin setelah dua laga tandang, tapi masih ada 3 laga kandang,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip Bongda24h.

“Tim Indonesia sangat kuat jika bermain di kandang sendiri. Saya masih merasa positif dan percaya diri.”

Usai melakoni dua hari laga Grup F pada November 2023, Timnas Indonesia akan bersiap menghadapi ajang lainnya yakni Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar pada Januari 2024.

Setelahnya, Garuda akan kembali fokus di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan menghadapi Vietnam berturut-turut pada Maret 2024.

Setelahnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dan Filipina di kandang sendiri pada Juni 2024.

Hanya juara dan runner up dari sembilan grup babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang lolos ke babak ketiga.

Artinya, Timnas Indonesia setidaknya harus finis sebagai runner-up Grup F untuk memastikan lolos ke babak ketiga.