Media Korea Selatan Sebut Shin Tae-yong Pahlawan Timnas Indonesia, Kenapa? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Shin Tae-yong disebut-sebut oleh media Korea Selatan, Food Economy, sebagai pahlawan Timnas Indonesia. Apa alasannya?

Juru taktik berusia 53 tahun itu melatih skuad Garuda sejak tahun 2020 setelah ditunjuk pada akhir tahun 2019.

Meski belum membuahkan prestasi nyata berupa piala, namun banyak yang menilai kehadiran Shin Tae-yong akan membawa dampak positif bagi timnas Indonesia.

Baca juga: Profil Kapten Suwon FC Lee Yong yang Komentari Kualitas Pratama Arhan

Terbaru, Shin Tae-yong membantu tim Merah Putih mencetak sejarah dengan sukses lolos ke fase gugur Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya.

Mantan pemain Seongnam Ilhwa dan Brisbane Roar itu mengantarkan timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar setelah lolos dari ‘grup neraka’ yang meliputi Jepang, Irak, dan Vietnam.

Timnas Indonesia lolos ke fase gugur melalui peringkat ketiga terbaik setelah meraih satu kemenangan di Grup D.

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (pssi.org)

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Vietnam 1-0, namun kalah dengan skor yang sama 1-3 dari Jepang dan Irak.

Di babak 16 besar, skuad Garuda kalah dari Australia. Ivar Jenner dan kawan-kawan dihancurkan dengan skor telak 0-4.

Meski kalah, Shin Tae-yong tetap mendapat pujian. Pasalnya, baru kali ini Timnas Indonesia melaju ke fase gugur Piala Asia.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026: Troussier Akui Punya Masalah serupa dengan STY

Keberhasilan tersebut masih mendapat perhatian dari media Korea Selatan, salah satunya Food Economy. Mereka menilai Shin Tae-yong adalah pahlawan timnas Indonesia.

“Dia baru-baru ini tampil sebagai pahlawan sepak bola Indonesia dengan meloloskan Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia Qatar untuk pertama kalinya,” tulis Food Economy, dikutip Pahami.id, Kamis (22/2/2024).

Narasi tersebut disampaikan Food Economy dalam artikel yang mengumumkan kehadiran Shin Tae-yong dalam program hiburan bertajuk ‘Let’s Come Together 3’ di Korea Selatan.

Rencananya Shin Tae-yong akan menjadi penasehat dan pengantar taktik untuk ‘Somehow Avengers’ yang akan dipimpin oleh legenda timnas Korea Selatan, Ahn Jung Hwan.

“Pada tanggal 21 [Februari]Program hiburan JTBC ‘Let’s Come Together 3’ mengumumkan kemunculan pelatih Shin Tae-yong,” tulis Food Economy.

“Pelatih Shin Tae-yong, yang berpartisipasi sebagai anggota komite penasihat… juga dengan murah hati [akan] menyampaikan taktik khusus dan metode kemenangan yang memimpin tim sepak bola nasional Korea.”