Match Fee Fantastis, Alasan Jepang Batal Hadapi Argentina di FIFA Matchday – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kesuksesan PSSI membawa Argentina sebagai lawan Timnas Indonesia di laga FIFA mampu mengguncang sepak bola Asia, hanya Jepang yang dikabarkan tak mampu.

Kepastian Argentina sebagai lawan Timnas Indonesia pada FIFA Match Day dikonfirmasi General Manager PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers, Kamis (25/5/2023).

Duel antara timnas Indonesia dan Argentina akan digelar pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) saat konferensi pers FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Argentina. [Pahami.id/Adie Prasetyo Nugraha]

Satu hal yang menarik dari laga uji coba resmi internasional FIFA ini adalah biaya yang dikeluarkan PSSI untuk mendatangkannya ke Argentina.

Seperti diketahui, La Albiceleste merupakan juara Piala Dunia 2022 di Qatar, statusnya tidak sembarangan dan bukan tim yang bisa diajak bermain.

Butuh tenaga besar agar Argentina mau menerima tawaran uji coba tersebut, meski Ketua Umum PSSI Erick Thohir enggan membeberkannya.

Erick tak mau menyebut besaran yang dikeluarkan PSSI untuk dibawa ke Argentina, ia hanya meminta wartawan menunggu hasil audit mendatang.

Tidak diragukan lagi bahwa misteri biaya ini menjadi perbincangan hangat, tidak hanya bagi masyarakat lokal tetapi juga bagi orang asing yang ingin mengetahuinya.

Media Thailand misalnya, dalam laporan yang diunggah pada Kamis (25/5/2023), SiamSport mencoba menerka biaya yang dikeluarkan PSSI untuk Argentina.

Mengingat kejadian sebelumnya yang dialami Jepang, Negeri Matahari Terbit itu mengurungkan niat mengundang Argentina ke negara itu pada FIFA Match Day Juni 2023.

Masalahnya jelas biayanya, yang menurut Japan Football Association (JFA) terlalu tinggi, sehingga rencana itu dibatalkan.

Jepang keberatan dengan permintaan Argentina yang menuntut pembayaran hingga 600 juta Yen atau sekitar 4,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 64 miliar.

Jumlah itu dua kali lipat dari jumlah yang dikeluarkan Jepang untuk mengimpor Brasil tahun lalu, yaitu 300 juta Yen.

Meski begitu, Jepang tetap memilih negara-negara asal Amerika Latin sebagai lawan dalam FIFA Match Day tahun ini, yakni El Salvador dan Peru.

Tak pelak, keberhasilan Indonesia mendatangkan Argentina masih menjadi perbincangan hangat.

Media asing berbondong-bondong mencoba menerka berapa banyak pengeluaran PSSI untuk Argentina, termasuk New York Times.

Selain itu, tidak terlalu penting untuk menebak berapa biaya yang akan dikenakan karena kepastian pertandingan akan digelar di Indonesia sudah terkonfirmasi.

Kini para pecinta sepak bola Indonesia tinggal menunggu waktu yang telah ditentukan dan mencoba ‘PERANG’ tiket pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina.

[Penulis: Eko Isdiyanto]