Maarten Paes Tambah Daftar Jebolan FC Utrecht Bela Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain jebolan FC Utrecht ini kembali menjadi sorotan susunan skuad Timnas Indonesia, Maarten Paes disebut-sebut menjadi pemain ketujuh klub Liga Belanda yang dinaturalisasi.

Nama Maarten Paes sebenarnya sudah lama disebut PSSI dalam proses naturalisasi Timnas Indonesia, hingga akhirnya momentum pun tiba.

Senin (8/1/2024) Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan Maarten Paes siap menjalani proses naturalisasi.

Demi berseragam Merah Putih membela Timnas Indonesia, keinginan Maarten Paes untuk menjadi WNI bahkan dibarengi dengan air mata keluarga.

Bagi yang terdampak dengan keinginan Maarten Paes untuk memperoleh status WNI, proses naturalisasi segera dilakukan PSSI.

Jika rampung, kiper Dallas FC itu akan menjadi pemain ketujuh jebolan FC Utrecht yang membela timnas Indonesia.

Lantas siapa saja enam pemain FC Utrecht yang sebelumnya pernah membela Timnas Indonesia? inilah beberapa di antaranya.

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim bermain untuk Ajax Amsterdam sebelum pindah ke tim muda FC Utrecht dari tahun 2003 hingga 2007 dan membuat satu penampilan untuk tim senior.

Memulai debut bersama Timnas Indonesia pada tahun 2010 di bawah bimbingan Alfred Riedl, sembilan tahun bermain di skuad Garuda berhasil mencetak 40 caps dan 11 gol.

Status Irfan Bachdim bukan pemain naturalisasi, namun ia memilih pemain Indonesia seperti yang dilakukan Elkan Baggott.

Stefano Lilipaly

Saat ini Stefano Lilipaly berusia 33 tahun dan mencatatkan 30 caps serta tiga gol untuk timnas Indonesia di level senior.

Lilipaly memulai karirnya bersama Timnas Indonesia pada tahun 2013, sebagai salah satu jebolan FC Utrecht di bawah bimbingan Jacksen F Tiago.

Karir Lilipaly di FC Utrecht dimulai pada tahun 2001, kemudian dipromosikan ke tim senior pada tahun 2010 sebelum hengkang pada tahun 2012.

Marc Klok

Macr Klok tidak mendapat kesempatan melakukan debut bersama FC Utrecht tetapi menjadi bagian dari klub tersebut pada tahun 2011 hingga 2013.

Klok mendapat status WNI setelah lima musim berada di Indonesia, debutnya bersama timnas terjadi di SEA Games 2021.

Sejauh ini, ia tercatat sudah 18 caps bersama Timnas Indonesia di level senior dan diyakini akan terus bertambah.

Nama Shayne adalah Patty

Sebelum bermain untuk Viking FK, Shayne Pattynama merupakan pemain lulusan sistem kepelatihan Utrecht pada tahun 2010 hingga 2017.

Bersama Jong Utrecht, Shayne berhasil memainkan 41 pertandingan di Divisi Erste, kemudian pada tahun 2019 pindah ke Telstar.

Debut Shayne di Timnas Indonesia terjadi pada Juni 2023, tepatnya pada laga uji coba melawan Argentina dan tercatat bermain selama 45 menit.

Ivar Jenner

Hingga saat ini Ivar Jenner masih menjadi pemain FC Utrecht, namun lebih sering bermain di Jong Utrecht.

Sang pemuda masuk akademi FC Utrecht pada tahun 2016, lalu dipercaya bermain di Jong Utrecht hingga debutnya di Eredivisie.

Bersama Timnas Indonesia, Ivar Jenner telah meraih tiga caps di level senior, meski sempat bermain di level kelompok umur, U-20 dan U-23.

Bagus sekali Kahfi

Bagus Kahfi punya pengalaman bermain di akademi FC Utrecht, tepatnya di usia 21 tahun 2021.

Bagus merupakan salah satu produk terbaik Indonesia di berbagai level, U-16, U-18, U-19, dan U-23 dengan predikat juara Piala AFF U-16.

Sejauh ini Bagus belum pernah bermain di level senior, namun dipanggil saat timnas Indonesia masih dilatih Simon McMenemy.

Kontributor: Eko