Lolos ke Piala Asia U-23 2024, Erick Thohir Bersyukur Timnas Indonesia U-23 Pertahankan Tradisi Kemenangan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI Erick Thohir bersyukur Timnas U-23 Indonesia bisa mempertahankan tradisi juaranya usai lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2025 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Kepastian itu didapat setelah tim besutan Shin Tae-yong mencatatkan kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada laga kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).

Hasil ini mengantarkan Indonesia lolos ke babak final Piala Asia U-23 yang kali ini digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei karena memuncaki Grup K dengan sempurna 6 poin dari dua laga.

General Manager PSSI Erick Thohir memberikan motivasi kepada para pemain timnas U-23 di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). (ANTARA/HO/ERICK THOHIR)

Alhamdulillah tradisi juara timnas U-23 terus berlanjut. Usai emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif terus berlanjut di kualifikasi Piala Asia U-23. Mari kita pertahankan mentalitas dan tradisi juara di Qatar, kata Erick di Stadion Manahan, Solo, Selasa seperti dikutip Antara.

Final Piala Asia U-23 2024 merupakan jalur kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024. Hal itu, kata Erick, berarti misi timnas U-23 selanjutnya adalah mencapai babak semifinal Piala Asia U-23 2025. 23 Piala Asia agar bisa lolos bermain di Olimpiade.

Tiga pemain teratas Piala Asia U-23 2024 akan langsung lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan sisa satu tiket akan diperoleh tim peringkat keempat yang selanjutnya akan menjalani laga kualifikasi terlebih dahulu.

“Tidak ada yang mustahil dalam sepakbola. Memang perjuangan di Qatar tidaklah mudah. Namun dengan mental juara yang tidak mau menyerah, tradisi juara ini bisa kita lanjutkan untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024, kata Erick.

Pria yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menegaskan, untuk mencapai target optimal di Qatar, timnas B-23 Indonesia perlu fokus. Ia menambahkan, meminta para pemain tidak berpuas diri usai lolos ke babak final Piala Asia U-23.

“Mentalitas juara ini harus dipertahankan apapun lawannya. “Hari ini mungkin Turkmenistan, besok di Qatar kita harus menjaga mentalitas yang sama, mau melawan Jepang atau Korea Selatan,” tegas Erick.

Di era kepelatihan Erick di PSSI, sederet hasil gemilang berhasil dicatatkan Timnas Indonesia. Berawal dari kesuksesan timnas U-19 yang tampil apik di Piala Asia U-20 2023, mereka mampu bersaing ketat di babak penyisihan grup dengan menempati posisi ketiga meski satu grup dengan Uzbekistan dan Irak, keduanya yang kemudian menjadi juara dan runner-up kompetisi.