LIB Respons Isu Penambahan Tim di BRI Liga 1 Musim Depan, Lebih ke Bundesliga Dibanding Premier League – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator rival BRI Liga 1 menanggapi isu penambahan jumlah tim untuk musim 2024-2025. Mereka menegaskan format kompetisi tetap diikuti 18 klub peserta.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Feri Paulus. Kepastian tersebut membuat BRI Liga 1 masih setia mengikuti format Bundesliga dibandingkan Premier League dan liga papan atas lainnya.

Bundesliga Jerman dikenal sebagai salah satu kompetisi elite Eropa yang setia menggunakan format 18 tim peserta.

Sedangkan Premier League sudah menerapkan format 20 tim sejak musim 1994-1995, padahal sebelumnya kompetisi ini sebenarnya lebih banyak tim yakni 22 tim.

PSSI sudah memastikan tidak ada perubahan jumlah tim yang berlaga di Liga 1 2024/2025, kata Ferry Paulus dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus saat jumpa pers di Hotel Century, Jakarta, Selasa (20/12/2023). (Sura.com/Adie Prasetyo Nugraha).

“Sebagai operator kompetisi, kami tetap berkomitmen terhadap kebijakan yang diputuskan PSSI.”

Artinya jumlah tim yang tampil di Liga 1 2024/2025 tetap 18 klub, kata mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta itu.

Lebih lanjut Ferry mengingatkan, perubahan sistem dan format kompetisi tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba.

Ada proses yang panjang. Syarat utamanya adalah melalui Komite Eksekutif PSSI.

“Kami konsisten menerapkan format, sistem dan aturan yang telah ditetapkan sejak awal. “Sekali lagi kami selalu menyetujui dan menaati keputusan PSSI,” jelas Ferry Paulus.

“Lebih dari itu, kami juga menginformasikan bahwa PT LIB mempunyai komitmen yang kuat untuk terus memperbaiki tata kelola kompetisi profesional. Kami akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan nilai sepak bola nasional,” tutupnya.