Lamine Yamal pecahkan rekor Pele di final Euro 2024

by

Lamine Yamal menjadi pemain pria termuda yang pernah tampil di final turnamen besar, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh legenda Brasil Pele.

Yamal, yang berusia 17 tahun sehari sebelum final, telah tampil gemilang bagi Spanyol musim panas ini, dengan mencetak satu gol dan tiga assist untuk membawa negaranya ke final hari Minggu melawan Inggris.

Di usianya yang baru 17 tahun dan satu hari, Yamal menjadi pemain pria termuda dalam sejarah final utama, 66 tahun setelah Pele memecahkan rekor.

Pele berusia 17 tahun dan 249 hari saat ia memperkuat Brasil di final Piala Dunia 1958. Pemain muda itu mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan 5-2 atas Swedia.

Lamin Yamal

Musim panas yang menakjubkan bagi Yamal / Justin Setterfield/GettyImages

Setelah penampilan sensasional bersama Barcelona, ​​Yamal benar-benar memantapkan dirinya di panggung global musim panas ini, dengan penampilannya dalam kemenangan semifinal atas Prancis yang benar-benar menonjol dalam perjalanan ke final.

Setelah menjadi sasaran beberapa komentar aneh dari Adrien Rabiot dari Prancis, yang bersikeras bahwa Yamal perlu meningkatkan permainannya untuk menghentikan Les Bleus menjadi bumerang besar, Kota Barcelona Pemain sayap itu berada di puncak dunia menuju final, dan Declan Rice dari Inggris tidak menganggap enteng pemain muda itu.

“Begitu kami memenangkan pertandingan beberapa hari yang lalu, saya melihat statistik yang mengatakan [Yamal] berusia 12 tahun saat COVID menyerang. Itu cukup menakutkan!” Rice mengatakan kepada media. “Itu menunjukkan betapa hebatnya dia. Dia berusia 16 tahun, saya tidak tahu mengapa para pemain Prancis merendahkan pemain seperti itu.

“Apa yang telah ia lakukan di Barcelona saat berusia 16 tahun, Anda harus menghargainya. Saya, sebagai penggemar sepak bola sekaligus pemain, harus menghormatinya. Terkadang Anda harus berkata pada usia 16 tahun, wow, itu menunjukkan banyak keberanian untuk bermain untuk Barcelona, ​​tetapi juga melakukan apa yang ia lakukan di usianya, itu benar-benar istimewa.”

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU