Kontroversial! Wasit Sahkan Gol Irak yang Berbau Offside ke Gawang Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Laga babak pertama antara Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 diwarnai kontroversi. Wasit membenarkan gol Singa Mesopotamia yang sedang dalam proses offside, Senin (15/1/2024) sore WIB.

Laga Timnas Indonesia vs Irak berlangsung pada laga hari pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan. Skuad Garuda sempat tertinggal 1-2 di babak pertama dan gol kedua Irak memicu kontroversi.

Irak mengawali laga dengan sangat baik, mereka membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Mohanad Ali. Timnas Indonesia baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-37 melalui Marcelino Ferdinand.

Pertandingan berlangsung sengit setelahnya. Irak pun berhasil mencetak gol untuk mengembalikan kedudukan jelang babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke-45+7 melalui Osama Rashid.

Pemain Timnas Indonesia Yakob Sayuri saat laga melawan Irak di hari pertandingan Grup D Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Namun, tujuan ini memicu perdebatan. Pasalnya, sebelum Rashid membentur gawang Garuda, ada kalanya Mohanad Ali sudah terjebak offside saat melepaskan sundulan yang kemudian bisa diselamatkan kiper Ernando Ari.

Saat itu, wasit dan hakim garis mengabaikannya. Pertandingan dilanjutkan sebelum beberapa detik kemudian, Rashid berhasil mencetak umpan melewati gawang Ernando Ari.

Pelatih Shin Tae-yong terlihat melakukan protes kepada ofisial keempat yang berada di pinggir lapangan. Namun wasit bergeming dan menolak berkonsultasi dengan video asisten wasit (VAR). Alhasil, gol Irak dianggap sah.

Timnas Indonesia tidak diunggulkan pada laga kali ini. Pada pertemuan terakhirnya dengan Irak, mereka dikalahkan dengan skor 1-5 pada November lalu.

Saat itu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tak berdaya melawan Singa Mesopotamia pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra.

Pelatih Shin Tae-yong mengisyaratkan Timnas Indonesia berusaha mencuri poin di laga ini. Hal tersebut disampaikan sang taktisi saat diwawancarai Sports Seoul.

“Kalau melawan Vietnam, Indonesia harus menang, dan melawan Irak minimal harus imbang,” kata Shin Tae-yong yang berharap bisa mengantarkan timnas Indonesia minimal lolos ke babak 16 besar lewat best third. -tempat selesai.