Komentar terbaru Sir Jim Ratcliffe memberikan gambaran suram bagi masa depan Man Utd

by

Ketika Sir Jim Ratcliffe mengakui bahwa dia dan klub belum menyusun rencana rinci tentang masa depan Manchester United Women, dia secara tidak sengaja mengungkap pengawasan yang mencolok dalam pendekatan kepemilikan baru.

Setelah miliarder berusia 71 tahun itu membeli saham minoritas Setan Merah awal tahun ini, ada rasa optimisme baru setelah bertahun-tahun diabaikan oleh keluarga Glazer. Akhirnya ada alasan untuk merasa gembira mengenai masa depan dan apa yang dapat dicapai – namun harapan tersebut masih belum terwujud di pihak perempuan.

Kurangnya minat Ratcliffe terhadap tim Marc Skinner terlihat jelas pada bulan Mei ketika mereka membuat sejarah dengan memenangkan Piala FA, piala besar pertama mereka di pertandingan putri, mengalahkan Tottenham Hotspur di final di Wembley. Sementara Spurs diawasi oleh ketua klub Daniel Levy di tribun, salah satu pemilik baru United malah memilih untuk berada di Old Trafford untuk sementara waktu. Liga Primer pertandingan melawan Arsenal. Pesan keberuntungan yang sederhana harus dilakukan.

Oleh karena itu, sulit untuk menyalahkan fans United yang semakin geram dengan komentar CEO INEOS baru-baru ini ketika ditanya tentang rencana dan perkembangan tim putri.

“Kami belum membahas sedetail itu dengan tim sepak bola wanita,” katanya dalam sebuah wawancara wawancara dengan Bloomberg yang dirilis minggu lalu. “Kami cukup fokus untuk menyelesaikan masalah tim utama dan itu dilakukan secara penuh waktu selama enam bulan pertama.”

Pewawancara melanjutkan dengan bertanya: “Jadi, harus dikonfirmasi?”

“Benar,” jawabnya.

Katie Zelem

Tim wanita Man Utd memenangkan Piala FA tahun ini / Visionhaus/GettyImages

Pernyataan Ratcliffe, yang menguraikan bahwa fokus penuh tertuju pada tim senior putra setelah kedatangannya awal tahun ini, mengungkapkan rasa puas diri yang membuat klub berada di garis tipis dalam hal status mereka sebagai kekuatan signifikan di WSL. Mereka hanya perlu bertanya kepada rivalnya, Liverpool, apa yang bisa diakibatkan oleh pengabaian selama bertahun-tahun dan kurangnya visi atau arah.

Skinner dan kawan-kawan berada di ambang masa kritis. Sejumlah pemain senior, termasuk penjaga gawang dan Pemain internasional Inggris Mary Earpskontraknya akan habis pada musim panas ini dan sejauh ini hanya ada sedikit pergerakan sehubungan dengan kesepakatan baru.

Earps berbicara dengan sangat terus terang setelah tirai ditutup pada musim yang sangat beragam untuk Setan Merah. Selain kejayaan Piala FA, performa liga mereka jauh dari konsisten dan mereka tersingkir dari empat besar, dengan Liverpool mengklaim tempat mereka di tahap akhir musim ini.

“Kenyataannya adalah bahwa pembicaraan masih berlangsung,” kata kiper Inggris itu dalam sebuah wawancara wawancara dengan Sky Sports bulan lalu. “Saya sudah jelas bahwa saya tidak ingin membuat keputusan emosional.

“Awal musim benar-benar berat, saya merasa sangat kesal dengan hal-hal yang dikatakan tentang saya dan hal-hal yang ternyata tidak benar. Saya sudah berusaha bersikap profesional, tetap tenang, bekerja keras, [and] melanjutkan pekerjaanku, dan itu sulit. Aku pernah menjadi samsak tinju.

“Saya telah mencoba untuk memikul tanggung jawab tim dan kinerja serta kekurangan kami musim ini. Itulah yang harus Anda lakukan sebagai seorang pemimpin, dan sebagai pemain yang lebih berpengalaman, Anda harus bangkit pada momen-momen tersebut.

“Saya tahu saya telah memberikan hati dan jiwa saya sepanjang musim. Ini adalah situasi yang sulit. Saya telah meminta konfirmasi dari klub mengenai apa yang ingin mereka capai, dan ketika saya mendapatkan jawabannya, saya akan melakukannya.” bisa membuat keputusan. Itu terserah klub.”

Mary Earps

Earps bisa meninggalkan Man Utd / Robbie Jay Barratt – AMA/GettyImages

Tampaknya jawaban-jawaban tersebut belum tiba. Komentar Ratcliffe menunjukkan bahwa Earps mungkin perlu menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan kejelasan mengenai visi dan strategi jangka panjang klub di bawah pemilik bersama yang baru. Sifat sepak bola yang bergerak cepat berarti waktu tidak berpihak pada mereka dan masih harus dilihat apa dampaknya terhadap masa depan tidak hanya staf bermain mereka saat ini, tetapi juga bakat masa depan dan calon pemain mereka.

Kesuksesan Manchester United Women tidak boleh dan tidak bisa hanya menjadi sebuah renungan. Kemenangan tim baru-baru ini di Piala FA berisiko dibayangi oleh kurangnya investasi dan perencanaan strategis.

Polly Bancroft, mantan kepala sepak bola wanita United, hengkang pada akhir musim 2023/24 setelah kurang dari dua tahun memimpin. Dia telah digantikan oleh Matt Johnson, meskipun hanya untuk sementara, sementara klub berupaya menunjuk penggantinya untuk jangka panjang.

Lanskap WSL berubah dengan cepat seiring klub meningkatkan investasi ke tim wanitanya. Liverpool dan Tottenham termasuk di antara klub-klub yang tidak lagi berpuas diri dan kini berada dalam tren positif dan meningkat. United perlu memastikan mereka tidak tertinggal dari rival mereka.

Tim wanita United bukanlah prioritas kedua dan mereka tidak boleh diperlakukan seperti itu. Rekan pemilik klub harus menjauhi ungkapan-ungkapan yang menjadikan hal tersebut hanya sekedar renungan; mereka adalah tim pertama dalam diri mereka sendiri.

Warisan Ratcliffe di United tidak hanya bergantung pada kesuksesan tim senior putra, tetapi juga tim putri. Apa pun yang kurang dari visi dan strategi yang jelas untuk masa depan akan merugikan para pemain, penggemar, dan semangat klub secara keseluruhan.

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU