Klub sepak bola tertua di dunia

by

Menurut buku sejarah, sepak bola sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Ya, setidaknya permainannya mirip dengan sepak bola.

Akan tetapi, jika berbicara tentang apa yang dianggap sebagai sepak bola saat ini, kita hanya perlu mengingat kembali pertengahan abad ke-19. Pada tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola (FA) dibentuk, badan pengatur yang masih mengatur sepak bola Inggris hingga saat ini. Hebatnya, ini adalah asosiasi sepak bola tertua di dunia.

Meskipun tidak banyak klub dari periode itu yang bertahan – banyak yang berubah menjadi tim rugby union – beberapa masih berdiri. Bahkan, beberapa benar-benar ada sebelum pembentukan FA dan semakin mendekati ulang tahun ke-200 setiap tahunnya.

Mari kita lihat 20 klub tertua di dunia sepak bola yang masih aktif hingga saat ini.

Buku-buku sejarah agak kabur jika menyangkut klub tertua di dunia, tetapi Halesowen Town nyaris masuk ke dalam 20 besar klub sepak bola dunia – ya, klub yang masih eksis hingga saat ini.

Klub West Midlands ini didirikan pada tahun 1873 tetapi jarang sekali meraih banyak kesuksesan. Upaya terbaik mereka di Piala FA membuat mereka hanya mencapai babak ketiga. Namun, mereka memenangkan Piala FA dua kali pada tahun 1980-an.

Inggris - Rhosymedre - Klub Sepak Bola Cefn Druids

Cefn Druids adalah klub tertua yang masih bermain di liga Welsh / Colin McPherson/GettyImages

Cefn Druids adalah tim tertua Wales yang masih bermain di Welsh Football League. Dibentuk pada bulan Oktober 1872, Ancients berlokasi di Wrexham.

Memainkan pertandingan kandang mereka di The Rock, Druids telah memenangkan Piala Welsh sebanyak delapan kali selama bertahun-tahun, menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Cymru Premier.

John Sutar

Rangers adalah salah satu klub dengan prestasi terbanyak di dunia / Ian MacNicol/GettyImages

Tidak banyak institusi yang lebih besar dalam sepak bola Inggris daripada Rangers, yang merupakan salah satu klub paling berprestasi di dunia yang telah memenangkan lebih dari 100 trofi sejak didirikan pada tahun 1872. Mereka bukanlah tim tertua di Skotlandia, tetapi mereka adalah yang paling sukses.

Dibentuk hanya oleh empat orang pada abad ke-19, Rangers telah menjadi salah satu dari dua tim dengan dukungan terbanyak di Skotlandia, sementara rival berat Old Firm, Celtic, baru muncul ke permukaan 15 tahun kemudian.

Mereka mungkin tidak lagi menjadi juara, tetapi Dumbarton adalah salah satu tim terkuat Skotlandia pada abad ke-19. Sekarang naik turun di divisi bawah, mereka dapat berbangga diri sebagai salah satu tim tertua di negara ini, yang terbentuk pada tahun 1872.

Dumbarton juga memiliki salah satu stadion paling mengesankan di sepak bola Inggris. Meski hanya dapat menampung sekitar 2.000 orang, stadion ini dibangun sejajar dengan Dumbarton Castle, yang terlihat dari beberapa tribun di dalam stadion.

Harvey Knibbs

Reading adalah klub bersejarah / Warren Little/GettyImages

Reading mungkin tidak memiliki banyak trofi untuk dibanggakan, tetapi mereka dapat mengklaim sebagai salah satu tim tertua yang pernah bermain di Liga Premier. Didirikan pada tahun 1871, Royals – sebelumnya dikenal sebagai Biscuitmen – menjadi klub profesional pada tahun 1895 dan dianggap sebagai salah satu klub terbesar di Inggris pada akhir abad ke-19.

Klub ini mengalami masa-masa sulit baru-baru ini karena mereka terpuruk di EFL, dengan kesulitan keuangan mengancam klub yang telah berdiri selama lebih dari 150 tahun.

Uxbridge bukanlah klub yang dikenal banyak orang di luar sebagian kecil kota London, tetapi catatan menunjukkan bahwa mereka mendahului raksasa dunia sepak bola modern dengan jarak yang cukup jauh. The Reds dibentuk pada tahun 1871 dan bahkan berpartisipasi dalam Piala FA ketiga yang pernah diadakan.

Pada masa awal berdirinya, mereka memiliki Hubert Heron, yang beberapa kali memperkuat timnas Inggris saat mewakili Uxbridge. Namun, mereka sekarang bermain di Liga Isthmian, beberapa tingkat di bawah Liga Inggris.

Mirip dengan Uxbridge, Marlow adalah klub kecil di London yang mengklaim sebagai salah satu klub tertua di Inggris. Mereka berkompetisi di Piala FA perdana setahun setelah pembentukannya pada tahun 1870, dengan salah satu pemain bintang mereka Cuthbert Ottoway yang kemudian menjadi kapten Inggris.

Pada tahun 1882, Marlow berhasil mencapai prestasi terbesar mereka saat mencapai semifinal Piala FA, namun sayangnya kalah 2-0 dari Old Etonians. Mereka kini juga bermain di liga bawah sepak bola Inggris.

Stranraer awalnya sederhana. Baru pada tahun 1949 mereka berhasil menembus liga-liga mapan di Skotlandia dan baru mencapai divisi kedua untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka pada tahun 1994.

Setelah lebih dari 100 tahun relatif anonim, The Blues masih belum mencapai divisi utama tetapi belum merosot lebih rendah dari divisi keempat di abad ke-21.

Maidenhead United dibentuk pada tahun 1870 dan telah bermain di lapangan bersejarah York Road tersebut sejak tahun 1871. The Magpies juga merupakan salah satu tim yang bermain di Piala FA pertama dan berhasil mencapai delapan besar kompetisi tersebut pada tiga kesempatan terpisah.

Meski mereka belum berhasil menembus EFL, mereka saat ini bermain di divisi kelima dan hanya berjarak satu musim lagi untuk mengukir sejarah.

Marley Watkins

Kilmarnock adalah klub tertua kedua di Skotlandia / Ian MacNicol/GettyImages

Kilmarnock, yang dikenal sebagai Pride of Ayrshire, dibentuk pada tahun 1869 dan telah menjadi kekuatan mapan dalam sepak bola Skotlandia. Meskipun tidak pernah mencapai puncak yang sama seperti Celtic, Rangers, dan Aberdeen, mereka telah meraih banyak kesuksesan.

Gelar divisi pertama mereka diraih pada tahun 1965, sementara trofi utama terbaru mereka diraih dalam bentuk Piala Liga Skotlandia pada tahun 2011/12. Mereka juga menjadi tim semi-reguler di Piala UEFA pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an.

Mallik Wilks

Sheffield adalah pusat pembentukan sepak bola / Jess Hornby/GettyImages

Sheffield Wednesday merupakan salah satu anggota pertama Liga Sepak Bola Inggris, yang bergabung pada tahun 1892, hanya 25 tahun setelah pembentukannya pada tahun 1867. Mereka memenangkan Piala FA tiga kali sebelum Perang Dunia Kedua, serta empat gelar Divisi Pertama. Namun, mereka belum pernah menang sejak saat itu.

The Owls juga merupakan anggota pendiri Liga Premier pada tahun 1992 tetapi mereka belum mencapai tingkat teratas sejak tahun 2000.

FBL-EURO-2020-2021-STADIUM-GLASGOW

Queen’s Park dimainkan di Hampden Park / ANDY BUCHANAN/GettyImages

Queen’s Park sudah ada sejak tahun 1800-an. Salah satu tim Skotlandia tersukses pada abad ke-19, yang dibentuk pada tahun 1867, Spiders memenangkan sepuluh gelar Piala Skotlandia selama periode 19 tahun di akhir abad tersebut.

Mereka masih memainkan pertandingan mereka di stadion tim nasional, Hampden Park, meskipun faktanya mereka belum pernah mencapai kasta teratas di Skotlandia sejak 1958. Tidak banyak tim liga bawah di dunia sepak bola yang dapat membanggakan kandang yang lebih mengesankan.

Chris Wood dan Morgan Gibbs-White

Nottingham Forest adalah tim tertua kedua yang bermarkas di Nottingham / Michael Regan/GettyImages

Nottingham Forest adalah salah satu klub paling bersejarah di Inggris dan juga salah satu yang tertua. Klub ini didirikan pada tahun 1865 oleh sekelompok pemain yang sangat berbakat – permainan yang menyerupai hoki lapangan – dan telah mencapai hal-hal luar biasa di dalam negeri dan di benua Eropa.

Mereka pernah memenangkan divisi teratas satu kali, Piala FA dua kali, dan tentu saja Piala Eropa dua kali. Di bawah Brian Clough pada akhir 1970-an, Forest menjadi salah satu tim terbaik dunia.

Kapten Brigg Town Phil Rowland mencium trofi

Brigg Town dibentuk pada tahun 1864 / Bryn Lennon/GettyImages

Brigg Town adalah klub yang mungkin tidak Anda kenal, tetapi mereka telah ada sejak tahun 1864. Klub Lincolnshire tersebut saat ini bermain di Northern Counties East Football League – tingkat kesembilan dan kesepuluh.

Mereka tidak memiliki sejarah atau lemari trofi yang sensasional, tetapi Zebra telah memenangkan Piala FA dua kali, yang terakhir pada tahun 2002/03.

Elliot Lee

Wrexham tengah menikmati periode yang membuahkan hasil / Jess Hornby/GettyImages

Lebih tua dari rekan mereka di Wrexham, Cefn Druids, Red Dragons berdiri pada tahun 1864. Mereka awalnya berkompetisi dalam batasan sepak bola Welsh, tetapi pindah ke permainan Inggris pada tahun 1905 dan bertahan di sana sejak saat itu.

Dengan kepemilikan Hollywood di Racecourse Ground akhir-akhir ini, Wrexham menikmati periode yang sangat membuahkan hasil saat mereka naik ke eselon atas sepak bola Inggris.

Luke Cundle dan Josh Laurent

Stoke City berusia lebih dari 150 tahun / Charlotte Tattersall/GettyImages

Stoke City mungkin terbentuk pada tahun 1863, tetapi pertandingan pertama mereka yang tercatat baru terjadi lima tahun kemudian. Awalnya bernama Stoke Ramblers, mereka merupakan salah satu anggota pendiri Liga Sepak Bola Inggris pada tahun 1888 dan telah berada di empat tingkatan teratas selama sebagian besar sejarah mereka.

Meskipun mereka tidak pernah memenangkan divisi teratas atau Piala FA, mereka adalah klub sepak bola tertua yang pernah berpartisipasi dalam Liga Primer.

Kyle Cameron

Notts County adalah klub tertua di Liga Sepak Bola Inggris / Eddie Keogh/GettyImages

Klub tertua yang bermain di EFL, Notts County dibentuk pada tahun 1862, tiga tahun sebelum rival mereka di Nottingham, Forest, didirikan. Sebagai anggota pendiri Football League lainnya pada tahun 1888, mereka juga merupakan klub profesional tertua di dunia.

Terkenal dengan inspirasinya terhadap seragam hitam-putih Juventus, Notts County turun di bawah tingkat keempat untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka pada tahun 2019 tetapi kemudian kembali ke EFL setelah beberapa musim di Liga Nasional.

Berlokasi di Sheffield, Hallam masih aktif hingga saat ini – lebih dari 160 tahun setelah kelahirannya. Didirikan pada tahun 1860, mereka tidak pernah menjadi klub profesional dan saat ini berada di tingkat kesembilan.

Namun, mereka dapat dengan bangga mengatakan bahwa mereka lebih tua dari Sheffield Wednesday dan Sheffield United, meskipun mereka bukan klub tertua di kota tersebut.

Bermarkas di Sidcup, London, Cray Wanderers merupakan klub tertua dari selatan Inggris. Klub ini konon dibentuk di antara desa kembar St Mary Cray dan St Paul’s Cray pada tahun 1860, dengan pekerja kereta api migran yang membentuk tim setelah menendang bola di waktu istirahat makan siang.

Wanderers merupakan klub yang harus diperhitungkan di liga amatir London dan bahkan pernah menjadi klub pemula bagi Arsenal selama beberapa waktu menjelang pergantian abad ke-20. Mereka sempat menjadi klub profesional, tetapi tidak lagi sejak 1907.

Lupakan Rabu, United dan Hallam, Sheffield FC adalah itu klub tertua di dunia sepak bola. Faktanya, Hallam sebenarnya dibentuk untuk menyaingi mereka pada tahun 1860-an, dengan Sheffield FC terbentuk pada tahun 1857.

Didirikan oleh klub kriket lokal, mereka bahkan menciptakan aturan mereka sendiri – Sheffield Rules – untuk sepak bola, suatu bentuk permainan yang dimainkan hingga tahun 1870-an.

Mereka telah menjadi tim yang sangat sukses di level lokal dan amatir, bahkan mencapai putaran keempat Piala FA di akhir abad ke-19.

BACA LEBIH LANJUT TENTANG 25 PEMAIN TERBAIK UNTUK SETIAP POSISI DI SEPAKBOLA DUNIA