Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-23: Thailand Juara Grup, Bantu Timnas Indonesia U-23 Jaga Peluang Lolos – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut posisi akhir Grup A Piala AFF U-23 2023 setelah selesainya rangkaian pertandingan fase grup yang berlangsung serentak pada Senin (21/8/2023) sore WIB. Timnas U-23 Thailand menjadi juara grup dan secara tidak langsung membantu timnas U-23 Indonesia menjaga peluang lolos ke babak semifinal.

Timnas U-23 Thailand akan menjadi juara grup setelah mengalahkan Kamboja U-23 dengan skor 2-0 pada laga ketiga atau terakhir Grup A, Senin (21/8/2023) malam WIB.

Kemenangan ini membuat tim berjuluk Gajah Coklat kokoh di puncak klasemen Grup A dengan raihan sembilan poin sempurna. Sebelum Kamboja, mereka melumat Myanmar dan Brunei dengan skor masing-masing 3-0.

Sementara Kamboja yang gagal menambah poin harus puas finis di peringkat kedua Grup A dengan empat poin plus selisih gol +3.

Bahkan, hasil tersebut memastikan tersingkirnya Kamboja dari Piala AFF U-23 2023. Meski tampil cukup baik, jumlah poin tersebut belum cukup untuk meloloskan mereka sebagai runner-up terbaik.

Laga timnas U-23 U-23 vs Timor Leste U-23 pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023 di Stadion Regional Rayong, Minggu 20 Agustus 2023. [Dok. PSSI]

Sebagai informasi, Piala AFF U-23 2023 hanya mempertemukan pemenang langsung dari masing-masing Grup A, B, dan C. Sedangkan satu slot semifinal akan diberikan kepada runner-up terbaik dari tiga grup.

Karena Grup A adalah satu-satunya grup yang berisi empat tim, diputuskan bahwa pertandingan melawan tim peringkat terbawah tidak akan diperhitungkan dalam klasemen runner-up terbaik.

Alhasil, kemenangan Myanmar atas Brunei Darussalam pada laga Grup A lainnya membuat peluang Kamboja melaju ke babak semifinal sirna.

Brunei yang tak menang dijamin finis di peringkat terakhir. Situasi ini membuat perolehan poin Kamboja di posisi runner-up terbaik hanya dihitung 1, karena kemenangan 5-0 atas Brunei tidak dihitung lagi.

Sebaliknya, kekalahan Kamboja dari Thailand dan kemenangan Myanmar atas Brunei membuat Timnas U-23 Indonesia lolos melalui jalur runner-up terbaik yang masih terbuka.