Kisah di balik kepindahan Scott McTominay ke Napoli

by

Scott McTominay sekarang menjadi pemain Napoli, menandatangani kontrak jangka panjang di Stadio Diego Armando Maradona.

Gelandang ini meninggalkan Manchester United setelah lebih dari dua dekade berkiprah di klub masa kecilnya. Keputusannya untuk hengkang bukanlah keputusan yang mudah, tetapi keputusan yang diperlukan untuk melanjutkan kariernya di level atas.

Berikut kisah tentang bagaimana Napoli memutuskan merekrut McTominay, berbagai upaya yang mereka lakukan untuk merayunya, dan bagaimana ia mampu menyatukan klub yang tampaknya tengah terpuruk akibat berbagai krisis.

Napoli vs Sampdoria - Seri A

Napoli menangkan Serie A pada 2022/23 / Anadolu/GettyImages

Napoli memenangkan Scudetto pertama mereka dalam satu generasi selama musim 2022/23, tetapi mereka terjatuh dalam waktu yang relatif singkat sejak itu.

Setelah Luciano Spalletti meninggalkan klub dengan gembira pada musim panas 2023, mereka berganti tiga manajer pada musim berikutnya – Rudi Garcia, Walter Mazzarri, dan Francesco Calzona. Tidak mengherankan, kekacauan dan pergolakan ini membuat Napoli finis di urutan ke-10 di Serie A.

Antonio Conte telah ditunjuk sebagai pelatih kepala setelah menganggur sejak Maret 2023, ketika ia meninggalkan Tottenham Hotspur setelah konferensi pers yang eksplosif di mana ia mengecam seluruh klub dan stafnya.

Napoli membutuhkan suntikan semangat, dan Conte telah memberikannya dengan caranya sendiri. Sejauh ini ia mengklaim kejadian di balik layar di klub itu mengerikan dan ia masih membutuhkan operasi pada skuadnya, meskipun hari-hari yang lebih cerah tampak di depan.

Selama akhir pekan, Partenopei mengalahkan klub Liga Champions UEFA Bologna 3-0 dalam pertandingan kandang pertama Conte, dengan Khvicha Kvaratskhelia tampil gemilang untuk meredakan ketegangan di sekitar klub. Conte juga ingin mendatangkan bala bantuan.

Belgia v Skotlandia - Kualifikasi UEFA Euro 2020

McTominay akan bersatu kembali dengan Lukaku / Isosport/MB Media/GettyImages

Conte dijanjikan masukan transfer yang signifikan oleh pemilik klub Aurelio De Laurentiis saat ia bergabung dengan Napoli. Dorongan untuk McTominay dan Romelu Lukaku sangat dipengaruhi oleh pelatih kepala, serta direktur olahraga baru Giovanni Manna.

Saat tiba di Napoli, Conte khawatir terjadi penurunan dalam skuad sejak mereka memenangkan gelar – yang sulit dibantah mengingat hasil musim lalu. Ia juga merasa frustrasi dengan ketidakmampuan klub untuk menyingkirkan Victor Osimhen setelah diberi tahu bahwa pemain Nigeria itu akan pergi dan menerima ini sebagai bagian dari kesepakatan antara klub dan pemain sebelum kedatangannya.

Conte meminta McTominay dan Lukaku karena mereka akan menambah pengalaman dan dinamisme tingkat atas, sementara juga dapat langsung dimasukkan ke dalam formasinya tanpa khawatir atas transisi mereka.

McTominay sangat dikaitkan dengan kepindahannya ke Fulham pada awal bursa transfer ini, sementara West Ham telah berupaya keras untuk merekrutnya musim panas lalu. Jika ia benar-benar hengkang, Serikattampaknya hampir pasti ia akan menuju ke klub Liga Premier lainnya.

Namun pada akhirnya, tidak ada tim Inggris yang memenuhi tuntutan McTominay, yang telah ditawari gaji lebih tinggi di Napoli daripada yang akan dia terima di Fulham.

Scott McTominay

McTominay merasa sulit meninggalkan Man Utd / Catherine Ivill – AMA/GettyImages

McTominay harus berpikir panjang dan keras tentang masa depannya, mengingat United adalah satu-satunya klub yang dikenalnya selama hampir seluruh hidupnya. Namun, klub tersebut tidak dapat memberinya jaminan atas kesempatan bermain di tim utama yang sesuai dengan ambisinya pada titik kariernya ini, sehingga keputusan diambil untuk hengkang.

Tawaran Napoli tidak hanya menarik dari segi finansial, tetapi juga dari segi permainan dan budaya. McTominay, meskipun tidak fasih berbahasa Italia, telah dijanjikan tempat di kelompok pimpinan tim utama begitu ia beradaptasi, sementara ia kemungkinan akan memiliki kesempatan lebih lanjut untuk bermain di Eropa pada musim-musim mendatang dibandingkan jika ia pergi ke Fulham.

Awal yang sulit bagi Conte di Napoli. Mereka hanya bisa melihat secercah harapan, matahari mulai muncul di cakrawala. Kedatangan McTominay seharusnya memberi mereka harapan bahwa visi pelatih kepala mereka masih bisa terwujud.

BACA BERITA TRANSFER DAN GOSSIP TERBARU DARI SELURUH DUNIA