Kiper terbaik USWNT sepanjang masa

by

Tiga penjaga gawang terbaik USWNT semuanya telah memenangkan setidaknya satu Piala Dunia untuk Amerika Serikat, mengukuhkan warisan mereka sebagai penjaga gawang terhebat sepanjang masa.

Tim Nasional Wanita AS memiliki pemain sepak bola wanita terbaik di hampir setiap posisi di beberapa titik dalam tiga dekade terakhir. Meskipun ada pemain baru, pelatih, dan kompetisi baru, USWNT masih berhasil menambah empat Piala Dunia dan empat medali emas Olimpiade di lemari piala mereka.

Banyak sekali keberhasilan USWNT yang diraih berkat kiper-kiper mereka yang hebat. Faktanya, tiga kiper terbaik USWNT semuanya memainkan peran penting dalam kemenangan Stars and Stripes selama tiga generasi terakhir.

3. Alyssa Naeher

Alyssa Naeher

Alyssa Naeher adalah penjaga gawang utama USWNT. / Greg Fiume/USSF/GettyImages

Karier Alyssa Naeher di USWNT masih terus berkembang, tetapi penjaga gawang ini sudah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah ada di antara tiang gawang Stars and Stripes. Naeher adalah pemain cadangan Hope Solo di Piala Dunia 2015, tetapi pada tahun 2019, ia menjadi pemain inti bagi AS dan terus mencatatkan clean sheet di final, membantu timnya mengklaim Piala Dunia keempat mereka.

Atlet berusia 36 tahun ini juga menambahkan Piala Emas ke lemari pialanya tahun ini, serta Piala SheBelieves ketujuhnya. Satu-satunya hal yang hilang dari daftar prestasinya adalah medali emas Olimpiade, yang akan ia coba raih musim panas ini di Olimpiade Paris 2024.

2. Harapan Solo

Harapan Solo

Hope Solo adalah peraih medali emas dua kali. / Pedro Vilela/GettyImages

Hope Solo memegang rekor kemenangan terbanyak dari semua kiper ASWNT dalam sejarah dengan 153 kemenangan, dan selama tahun-tahun legendarisnya bersama Stars and Stripes, ia memenangkan banyak trofi untuk mengukir namanya dalam buku sejarah. Solo adalah peraih medali emas dua kali dan juara Piala Dunia.

Penjaga gawang ini juga memiliki banyak penghargaan individu atas waktunya bersama tim nasional, termasuk dua penghargaan Sarung Tangan Emas atas penampilannya di Piala Dunia 2012 dan 2015. Ia bahkan membawa pulang Bola Perunggu di Piala Dunia 2012 meskipun AS berada di posisi kedua.

Solo masih memegang rekor clean sheet terbanyak untuk USWNT dengan 102.

1. Briana Scurry

LLIU VING, Briana Scurry

Briana Scurry adalah kiper terbaik USWNT sepanjang masa. / HECTOR MATA/GettyImages

Briana Scurry juga merupakan peraih dua medali emas dan juara Piala Dunia, tetapi penampilannya di ajang tersebut mengukuhkan statusnya sebagai penjaga gawang terbaik ASWNT sepanjang masa. Scurry mencatatkan clean sheet di semifinal Piala Dunia 1999 melawan Brasil, dan satu lagi di final melawan Cina, kecuali AS juga tidak dapat mencetak gol dalam pertandingan itu.

Pertandingan final dilanjutkan ke adu penalti, dan Scurry menyelamatkan tembakan Liu Ying di babak ketiga, yang pada akhirnya memastikan Amerika Serikat meraih Piala Dunia kedua mereka.