Kesepakatan bersejarah senilai $250 juta menjadikan Angel City FC sebagai tim olahraga wanita dengan nilai tertinggi di dunia

by

Angel City FC telah menjadi tim olahraga wanita termahal di dunia setelah pengambilalihan yang sukses senilai $250 juta (£192,3 juta), hanya empat tahun setelah mereka didirikan.

Pasangan AS Willow Bay dan Bob Iger – CEO Walt Disney Company – telah menjadi pemilik baru klub yang bermarkas di Los Angeles. Investasi berikutnya adalah valuasi tertinggi yang pernah dibuat untuk tim olahraga profesional wanita.

Angel City didirikan pada tahun 2020 oleh aktris Hollywood Natalie Portman, yang pernah berkata “mimpinya adalah menjadikan sepak bola wanita dihargai seperti halnya sepak bola pria di seluruh dunia”. Dalam perjuangannya untuk mencapai hal itu, ia menciptakan kelompok kepemilikan yang dipimpin oleh wanita yang kini mencakup orang-orang seperti Serena Williams, Billie Jean King, Christina Aguilera, dan Sophia Bush.

Kelompok ini mengumpulkan modal seperti perusahaan teknologi rintisan, dan pada tahun 2023 telah berhasil menghasilkan pendapatan tertinggi dari semua tim wanita yang tercatat di dunia. Klub ini saat ini berada di urutan kesebelas dalam Liga Super Wanita Nasional, setelah memenangkan pertandingan terakhir mereka, setelah tiga kekalahan berturut-turut.

Natalie Portman

Aktor Hollywood Natalie Portman adalah salah satu anggota pendiri klub / Jenny Chuang/ISI Photos/GettyImages

Iger dan Bay siap menginvestasikan tambahan $50 juta (£38,4 juta) untuk mendukung pertumbuhan klub di masa depan, sementara pemilik sebelumnya, pendiri Reddit Alexis Ohanian, akan tetap menjadi anggota dewan dan mengatakan bahwa ia yakin waralaba tersebut “dapat menjadi merek terbesar di semua olahraga profesional wanita”.

Dalam sebuah pernyataan, Bay mengatakan: “ACFC dan atlet-atlet luar biasa ini telah memberikan dampak yang luar biasa pada Liga Nasional Inggris (NWSL)sepak bola wanita, dan masyarakat Los Angeles. Dengan investasi sumber daya dan modal ini, kami berharap dapat mempercepat pertumbuhan klub dan NWSL.”

Dewan direksi ACFC menambahkan: “Kami tahu [Bay and Iger] adalah mitra yang tepat untuk memimpin kita memasuki era baru ini – mereka ditugaskan untuk semakin memperkuat posisi ACFC sebagai organisasi dan merek terkemuka dalam olahraga wanita dan untuk memperjuangkan misi tim yang lebih luas, termasuk kemajuan kesetaraan bagi atlet dan bisnis yang didirikan wanita.”

Pengambilalihan bersejarah ini melampaui kesepakatan sebesar $120 juta (£92,2 ​​juta) yang dibuat untuk San Diego Wave pada bulan Maret dengan jumlah yang sangat besar, yang sekarang menempatkan klub tersebut sebagai tim dengan nilai tertinggi kedua di dunia.

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU