Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jadi Moda Transportasi Piala Dunia U-17 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI Erick Thohir mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) disediakan sebagai sarana transportasi yang menghubungkan dua venue Piala Dunia U-17 2023, Jakarta dan Bandung.

Nanti untuk Jakarta-Bandung ada moda transportasi yang tidak biasa, kereta api berkecepatan tinggi, yang sebelumnya tidak kami sampaikan kepada mereka (peserta Piala Dunia U-17), kata Erick dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa ( 3/10). /2023).

Ketua PSSI Erick Thohir saat ditemui awak media saat menghadiri konferensi pers pengumuman pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 di EMTEK, Jakarta, Selasa (3/10/2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Erick mengapresiasi sikap FIFA yang membuka opsi penggunaan KCJB sebagai transportasi penghubung dua venue Piala Dunia U-17 karena dapat mempercepat mobilitas dan menghemat waktu.

Moda KCJB diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur pada Senin (02/10/2023).

KCJB diberi nama Whoosh yang artinya Hemat Waktu, Operasi Optimal, Sistem Hebat, dan merupakan kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mampu menempuh jarak hingga 350 kilometer per jam.

Erick mengatakan, KCJB merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan angkutan umum. Dengan kereta cepat, masyarakat bisa mencapai kawasan Bandung-Jakarta dalam waktu singkat dan tanpa kemacetan di jalan raya. Whoosh menawarkan efisiensi dari segi waktu.

Menurut Erick, kehadiran KCJB sangat membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-17, terutama dalam menghemat waktu ketika ada mobilisasi masyarakat di kedua kota tersebut.

Tanggal 10 November angkutan sudah siap berangkat kesana kemari, hanya butuh waktu 45 menit, jadi cepat sekali, ujarnya seperti dilansir ANTARA.

Ia menambahkan, waktu tempuh yang kurang dari satu jam sangat efektif untuk memudahkan tim peserta, staf Local Organizing Committee (LOC) dan juga FIFA untuk berpindah kota selama Piala Dunia U-17.

Jarak Jakarta-Bandung terasa dekat, kereta cepat siap digunakan untuk Piala Dunia U-17. “Pesan ini sudah kami sampaikan ke FIFA sehingga kami tidak ragu untuk memaksimalkannya,” kata Erick.

Ia menambahkan, meminimalisir waktu menjadi kunci kelancaran FIFA U17 di Indonesia. Pasalnya Grup C, D, E dan F akan menggelar laga crossover untuk menentukan nasib babak penyisihan grup di Jakarta dan Bandung secara bersamaan pada Jumat (17/11/2023) dan Sabtu (18/11/2023). .

Laga penyisihan Grup C (Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris) dan E (Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat) akan berlangsung di Jakarta International Stadium. Sedangkan pertandingan Grup D (Jepang, Polandia, Argentina, Senegal) dan Grup F (Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru) akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

Venue Jakarta akan digunakan untuk memainkan dua babak 16 pertandingan dan 2 pertandingan perempat final. Di sisi lain, Bandung menggelar dua pertandingan di babak delapan besar. Bisa dibayangkan tingginya mobilitas tim yang berpindah-pindah antara kedua kota ini. KCJB pasti akan membantu.

Pada Sabtu (23/9/2023), dua pejabat FIFA, Marcin Tomasz Stanowski dan Mike Wettstein didampingi sejumlah petinggi LOC melakukan penilaian terhadap kereta berkecepatan tinggi tersebut. Keduanya tampak puas usai menjalankan uji coba perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

Tidak hanya dapat digunakan untuk tim-tim peserta Piala Dunia U-17, juga dapat digunakan sebagai sarana pendukung turnamen kereta api berkecepatan tinggi bagi para pecinta sepak bola tanah air yang ingin menyaksikan pertandingan seru yang melibatkan tim-tim kelas dunia di Jakarta dan Bandung.