Kelanjutan Naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Menunggu Reses DPR – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengatakan, proses naturalisasi dua pemain turun temurun yakni Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye untuk Timnas Indonesia belum rampung karena masih menunggu masa reses DPR RI yang akan datang. berlangsung hingga Maret 2024.

Proses naturalisasi Ragnar dan Thom Haye sudah selesai di pemerintahan, kita mau maju ke DPR, DPR hari ini libur sampai Maret, kata Arya kepada wartawan usai menghadiri acara PSSI Press di Jakarta, Selasa (6/ 2/2024).

Katanya, hal itu tak lepas dari kemajuan proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye untuk memperkuat timnas Indonesia menghadapi putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ragnar Oratmangoen (26) merupakan striker atau winger yang saat ini membela Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari Groningen di divisi teratas Liga Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku.

Sedangkan Thom Haye (28) yang juga bermain di Eredivisie merupakan gelandang Herrenveen berdarah Indonesia dari kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo.

Arya menjelaskan, PSSI berupaya mempercepat proses naturalisasi kedua pemain tersebut dengan melengkapi dokumen yang diperlukan agar bisa membela timnas di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun proses naturalisasi tersebut belum menjadi kenyataan karena perlu dibahas dan disetujui oleh komisi terkait di DPR RI yang saat ini mengalami reses sekitar satu bulan.

“Jadi kita tidak bisa menyalahkan siapa pun karena itu jadwalnya,” ujarnya.

Untuk lanjutan laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda akan menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Setelah itu, Timnas Indonesia akan menjamu Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni.

Kontributor: Imadudin Robani Adam