Kapan pengundian Liga Europa 2024/25?

by

Diperkenalkannya kompetisi klub UEFA ketiga telah membantu meningkatkan kualitas Liga Europa dan 36 tim akan bersaing untuk meraih kejayaan di kompetisi tingkat kedua Eropa musim ini.

2024/25 merupakan kampanye perubahan revolusioner bagi UEFA, dengan badan pengatur tersebut memperkenalkan format model Swiss yang akan secara radikal mengubah fase pertama dari ketiga kompetisi.

Sebagian besar wacana telah berkisar pada Liga Champions, tetapi Liga Europa tidak dapat diabaikan mengingat kualitas klub yang bersaing di musim ini.

Perubahan format ini berarti pengundian untuk babak penyisihan grup yang telah diperbarui, yang sekarang disebut ‘fase liga’, akan terlihat sangat berbeda. Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang pengundian fase liga untuk Liga Europa 2024/25.

Pengundian fase grup Liga Europa 2024/25 akan dilakukan sehari setelah Undian Liga Champions pada hari Jumat, 30 Agustus.

Pengundian Liga Europa, yang diadakan di Forum Grimaldi, Monaco, dijadwalkan akan dimulai pada pukul 13:00 CET (12:00 GMT) dan akan disiarkan langsung di UEFA.com.

FBL-ENG-PR-TOTTENHAM-EVERTON

Tottenham adalah salah satu dari dua klub Liga Primer di Liga Europa 2024/25 / HENRY NICHOLLS/GettyImages

Masih banyak tim yang belum memastikan tempat di 2024/25 Liga Eropa. 12 tim akan lolos melalui babak play-off, sementara 11 Liga Champions yang kalah di babak play-off akan bergabung ke fase liga.

Akan ada penyebaran tim yang mengesankan dari seluruh Eropa, dengan Turki, Yunani, Skotlandia, dan Belgia di antara negara-negara yang terwakili dalam undian Liga Europa.

Dari divisi utama Eropa, Tottenham Dan Manchester United (Liga Primer), Real Sociedad Dan Klub Atletik (La Liga), Roma Dan Lazio (Seri A), Eintracht Frankfurt Dan Hoffenheim (Bundesliga) dan Bahasa Indonesia: Lyon Dan Bagus (Ligue 1) semuanya terlibat dalam pengundian hari Kamis.

Pemenang Liga Konferensi Olympiakos mendapatkan entri otomatis, sementara pemenang Liga Champions 2004 Porto saat ini satu-satunya peserta dari Portugal. Orang yang mengawasi kemenangan kontinental Porto, Jose Mourinho, memimpin Fenerbahce ke Liga Europa setelah mereka kalah di kualifikasi Liga Champions.

Liga yang diwakili

Tim

Liga Spanyol

Real Sociedad, Klub Atletik

Seri A

Roma, Lazio

Liga Primer

Manchester United, Tottenham

Liga Jerman

Eintracht Frankfurt, Hoffenheim

Liga 1

Lyon, Bagus

Liga Eropa

AZ, FC Twente

Liga Primer

Porto

Liga Pro Belgia

Serikat Saint-Gilloise

Liga Utama Skotlandia

penjaga hutan

Liga Super Yunani

Olympiakos

Liga Super Turki

Fenerbahce

Perubahan format Liga Europa Artinya, pengundian yang akan datang akan dilakukan secara berbeda. Ke-36 tim telah dibagi ke dalam empat pot yang masing-masing berisi sembilan tim berdasarkan koefisien UEFA mereka.

Alih-alih klub diundi ke dalam grup, undian akan menentukan delapan lawan fase liga dari setiap peserta. Sementara tim akan diundi secara manual, perangkat lunak AI akan secara acak menghasilkan lawan mereka. Setiap tim akan bertanding melawan dua tim dari setiap pot. Klub dari asosiasi anggota yang sama tidak dapat bertemu di fase liga dan tim hanya dapat diundi melawan maksimal dua klub dari negara yang sama.

Tottenham, misalnya, tidak dapat menghadapi Manchester United di fase liga dan hanya dapat menghadapi maksimal dua tim La Liga.

Hari pertandingan

Tanggal

1

25/26 September 2024

2

3 Oktober 2024

3

24 Oktober 2024

4

7 Nopember 2024

5

28 Nopember 2024

6

12 Desember 2024

7

23 Januari 2025

8

30 Januari 2025

BACA BERITA TERBARU, PRATINJAU & PERINGKAT LIGA EUROPA DI SINI