Jordi Amat Pemain Tertua, Asnawi Mangkualam Caps Paling Banyak – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut sederet fakta menarik skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia Qatar 2023. Skuad Timnas Indonesia yang terdiri dari 26 pemain telah terdaftar di situs resmi Asian Football Confederation (AFC).

Skuad definitif Piala Asia 2023 juga sudah dirilis di situs resmi PSSI, meski belakangan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut skuad final turnamen di Qatar baru akan diketahui pada 10 Januari. , 2024. .

Timnas Indonesia akan mengawali perjalanannya di Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024, sebelum kemudian menjajal kekuatan Vietnam (19 Januari) dan Jepang (24 Januari).

Berikut sederet fakta menarik skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 pilihan Shin Tae-yong:

1. Timnas senior Indonesia mempunyai 11 pemain berusia di bawah 23 tahun untuk skuad Piala Asia 2023. Dengan rata-rata usia 23,81 tahun, Timnas Indonesia termasuk tim dengan skuad termuda dari 24 negara peserta Qatar Asian Cangkir.

2. Klub BRI Liga 1 seperti Persib Bandung, Persis Solo, Dewa United, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973 menjadi ‘penyalur’ pemain terbesar skuad Timnas Indonesia yang masing-masing menyumbang dua pemain.

3. Sedangkan 11 pemainnya tercatat ‘luar negeri’ alias berkarier klub di luar negeri, tujuh di antaranya bermain di Eropa. Namun, tiga pemain; Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Shayne Pattynama berstatus bebas transfer setelah kontraknya dengan klub masing-masing habis.

4. Bek naturalisasi Jordi Amat menjadi pemain tertua di skuad dengan usia 31 tahun. Sedangkan pemain termudanya adalah Marselino Ferdinand dan Hokky Caraka yang sama-sama baru berusia 19 tahun.

5. Kapten tim, Asnawi Mangkualam, menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Di usianya yang ke-24, Asnawi sudah mengoleksi 36 caps berseragam skuad Garuda.

6. Sedangkan Wahyu Prasetyo (1 caps), Ivar Jenner (2 caps) dan Hokky Caraka (3 caps) memiliki jumlah caps paling sedikit.

7. Dilihat dari skuad Piala Asia 2023, Witan Sulaeman merupakan top skorer timnas Indonesia dengan mengoleksi 9 gol dari 34 caps. Di posisi kedua ada Egy Maulana Vikri yang mencetak 7 gol dalam 20 penampilan bersama timnas.