Jordan Pickford memecahkan rekor Inggris selama 34 tahun di Euro 2024

by

Jordan Pickford telah menjadi penjaga gawang Inggris dengan penampilan terbanyak di turnamen internasional besar, memecahkan rekor 34 tahun yang dipegang oleh Peter Shilton.

Kiper Everton berusia 30 tahun ini tampil di turnamen internasional besar keempatnya, setelah melakukan debut internasionalnya pada tahun 2017.

Turnamen kompetitif pertama Pickford adalah Piala Dunia 2018, ketika ia memainkan peran utama dalam keberhasilan Inggris mencapai semifinal. Penyelamatannya terhadap Carlos Bacca di babak 16 besar membantu menyingkirkan Kolombia melalui adu penalti – pertama kalinya Inggris merasakan kesuksesan dalam adu penalti setelah bertahun-tahun mengecewakan.

Tiga tahun kemudian, di Euro 2020 yang tertunda, Pickford mencetak rekor Inggris sepanjang masa untuk menit terbanyak tanpa kebobolan (721), menyalip rekor yang sebelumnya dibuat oleh Gordon Banks. Pasukan Gareth Southgate mencapai final melawan Italia, tetapi kalah adu penalti 3-2 meskipun Pickford menyelamatkan tendangan Andrea Belotti dan Jorginho.

Pemain nomor satu Everton itu juga mencetak gol untuk Inggris di Piala Dunia 2022, yang membuat The Three Lions tersingkir oleh Prancis di babak perempat final, dan dia tetap berada di bawah mistar gawang untuk Euro 2024 setelah menjaga tempatnya di depan Aaron Ramsdale dan Dean Henderson. .

Jordan Pickford

Jordan Pickford memimpin Inggris meraih kesuksesan adu penalti pertama mereka pada tahun 2018 / JUAN MABROMATA/GettyImages

Penampilan Pickford melawan Denmark di pertandingan penyisihan grup kedua Inggris adalah yang ke-21 di turnamen besar sepak bola, melampaui 20 penampilan yang dibuat Shilton selama 20 tahun karir internasionalnya.

Hanya Harry Kane, Raheem Sterling dan Ashley Cole yang tampil lebih banyak di turnamen sepak bola untuk Inggris daripada Pickford, yang kini sejajar dengan dua pemain paling berbakat Inggris abad ke-21; gelandang Steven Gerrard dan penyerang Wayne Rooney.

Inggris memiliki harapan yang tinggi Euro 2024 mengingat bakat dalam skuad 26 pemain mereka. Kane baru saja menyelesaikan musim yang memecahkan rekor bersama raksasa Bundesliga Bayern Munich, sementara Jude Bellingham dan Phil Foden masing-masing menikmati kesuksesan luar biasa bersama Real Madrid dan Manchester City.

Bukayo Saka, Trent Alexander-Arnold dan Kobbie Mainoo adalah tiga pemain lain yang diidentifikasi menjadi bagiannya Inggris‘generasi emas’ baru, yang dibandingkan dengan tim di awal tahun 2000an yang menampilkan pemain-pemain seperti Gerrard, Rooney, David Beckham, Frank Lampard, Rio Ferdinand dan John Terry.

BACA BERITA, PRATINJAU & PERINGKAT PEMAIN EURO 2024 TERBARU