Jebol Gawang Irak, Marselino Ferdinan Masuk Daftar Pencetak Gol Termuda di Piala Asia pada Abad 21 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinand menjadi pencetak gol termuda keempat di Piala Asia abad 21 atau sejak tahun 2001, menyusul golnya di laga pembuka Piala Asia 2023 Qatar melawan Irak dengan skor akhir 1-3 di Stadion Ahmed bin Ali. , Qatar, Senin (15/1).

Dikutip dari Twitter @FTalentScout, Selasa, pesepakbola milik klub Belgia KMSK Deinze itu mencetak golnya di turnamen empat tahun tersebut saat berusia 19 tahun 4 bulan 6 hari.

Marselino Ferdinand dari Indonesia menjadi pemain termuda ke-4 yang mencetak gol di Piala Asia abad ke-21, tulis @FTalentScout, Selasa (16/1/2024) seperti dilansir Antara.

Marcelino Ferdinand selebrasi usai mencetak gol ke gawang Irak di Piala Asia 2023 (pssi.org)

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu tertinggal hampir satu tahun dari pencetak gol termuda Piala Asia abad 21 yang dipegang bintang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan, Son Heung-min.

Saat itu, Son mencatatkan namanya di papan skor saat berusia 18 tahun 6 bulan 10 hari. Kapten Spurs itu mengawali musim dengan gol di Piala Asia 2011 saat membantu negaranya menjebol gawang timnas India pada menit ke-81 untuk memastikan kemenangan 4-1.

“Korea Selatan Heung-min Son (Korea Selatan) – 18 tahun, 6 bulan & 10 hari. Mohanad Ali (Irak) – 18 tahun, 6 bulan & 19 hari. Magid Mohamed Hassan (Qatar)- 18 tahun, 9 bulan 1&7 hari. MARSELINO FERDINAN (Indonesia) – 19 tahun 4 bulan 6 hari,” tambah @FTalentScout.

“Salah satu hal positif terbesar bagi Tim Garuda di laga pembuka turnamen. “Ikon masa depan sepakbola Indonesia,” cuit @FTalentScout.

Selain rekor tersebut, Marcelino juga kembali menorehkan rekor lain yakni menjadi pemain termuda Indonesia yang mencetak gol di Piala Asia. Ia melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Ponaryo Astaman di Piala Asia 2004 yang mencetak gol dalam usia 24 tahun, 9 bulan, 29 hari.

Selain menjadi pencetak gol termuda, Marcelino juga menjadi pemain Belgian Pro Challenger League pertama atau kasta kedua Liga Belgia yang mencetak gol di Piala Asia.

“Marselino Ferdinand dari @KMSKDeinze adalah pemain pertama dari Liga Pro Challenger Belgia yang pernah mencetak gol di @afcasiancup. Garuda,” cuit @OptaJohan, Selasa.