Jangan Pesimis Kalahkan Jepang, Kualitas Timnas Indonesia Ternyata Dipuji Tinggi Pengamat Sepak Bola Internasional – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pengamat Sepak Bola Internasional melihat Timnas Indonesia melaju pesat di Piala Asia 2023. Apalagi setelah sukses mengalahkan Vietnam di babak penyisihan grup Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Bertanding di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Tim Garuda berhasil memenangkan laga dengan skor tipis 1-0.

Asnawi Mangkualam menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia dengan mencetak satu-satunya gol melalui tendangan penalti.

Keberhasilan tersebut menarik perhatian beberapa media internasional termasuk analis sepak bola Asia, Gabriel Tan dari ESPN.

BACA JUGA: Bung Towel terang-terangan menjelaskan alasan dirinya kerap mengkritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Menyoroti kematangan Timnas Indonesia, Tan mengapresiasi kemampuannya meski menjadi tim termuda di Piala Asia 2023.

Meski menjadi tim termuda di antara 24 peserta turnamen, namun talenta berprestasi Indonesia bisa berkembang lebih jauh di Piala Asia AFC 2023, tulis Tan di ESPN.

Gabriel Tan menekankan pentingnya kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam, terutama dalam membentuk mental pemain seperti Sandy Walsh dan kawan-kawan.

Dengan kemenangan tersebut, Tim Garuda siap menghadapi laga final Grup D Piala Asia 2023 melawan Timnas Jepang pada Rabu (24/1/2024).

BACA JUGA: Jordi berdarah-darah membela Timnas Indonesia, Garis Kebanggaan Lokal Erick Thohir Sentil

Dengan mengalahkan Vietnam, Indonesia siap menghadapi final Grup D yang menakutkan melawan Jepang, kata Gabriel Tan.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada awal tahun 2020, Shin Tae-yong menerapkan kebijakan menarik dengan fokus pada pemain muda di skuad Garuda.

Pratama Arhan, Ernando Ari, dan Rizky Ridho menjadi pilar penting Timnas Indonesia meski usianya masih sangat muda.

“Shin Tae-yong mengalihkan fokusnya untuk mendatangkan pemain-pemain muda bertalenta ke skuadnas Indonesia. Meski usianya masih muda, namun tim Indonesia kini menunjukkan kedewasaan yang jauh dari minim pengalaman di pentas sepak bola Asia,” komentar Gabriel Tan.