Review POCO X6 5G, Peningkatan Signifikan Berbagai Aspek – Tekno

by

Pahami.id – POCO Indonesia melanjutkan jajaran seri X dengan peningkatan signifikan. Berapa banyak peningkatan yang ditawarkan POCO X6 5G? Simak di review versi resmi POCO X6 5G untuk pasar Indonesia.

POCO X6 5G hadir di Indonesia dengan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Peningkatan signifikan dibandingkan seri sebelumnya, POCO

Tak hanya soal performa, POCO X6 5G juga menawarkan peningkatan dari segi kamera. Tak hanya resolusinya, dukungan ISP dari Snapdragon 7s Gen 2 juga turut hadir. ISP kelas atas yang menawarkan kualitas foto dan video.


Ponsel baru POCO Indonesia ini juga mendapat penyempurnaan di sisi baterai. Mulai dari kapasitas lebih besar, pengisian cepat lebih cepat, dan chipset lebih hemat daya.

Seperti namanya, POCO X6 5G juga mendukung jaringan 5G. Jadi tidak perlu khawatir dengan kehadiran jaringan 5G yang sudah tersedia di beberapa lokasi.

Apakah POCO X6 5G pilihan ponsel yang tepat untuk Anda? Periksa hasil tes dan ulasan POCO X6 5G HiTekno.com pengikut.

Performa dan Permainan

Ulasan POCO X6 5G. [HiTekno.com]

Snapdragon 7s Gen 2 di POCO X6 5G punya performa mumpuni. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian sintetik melalui AnTuTu v10 Benchmark yang tergolong tinggi.

Dalam ujian HiTekno.com, POCO X6 5G RAM 12 GB mendapat skor 604085 di AnTuTu Benchmark v10. Nilai yang cukup tinggi dan peningkatan yang signifikan dibandingkan seri sebelumnya.

Dalam pengujian 3DMark, ponsel baru ini mendapat skor 797 dalam pengujian Wild Life Extreme Vulkan. Sedangkan Sling Shot Extreme Open GL ES 3.1 menghasilkan skor 4607.

Disusul hasil pengujian Geekbench yang menghasilkan 1024 untuk Single Core dan 2882 untuk Multi Core. Nilai tersebut cukup menempatkan POCO X6 5G pada posisi smartphone kelas menengah ke atas.

Ulasan POCO X6 5G - hasil benchmark. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G – hasil benchmark. [HiTekno.com]

Soal pengalaman bermain game, POCO X6 5G cukup aman untuk mengalahkan game berat seperti Genshin Impact dan CarX Street. Dua pertandingan adalah standar ujian HiTekno.com.

Dari pengalaman bermain Genshin Impact, POCO X6 5G mampu menjalankan kualitas grafis sedang meski masih 30 FPS. Menariknya, Anda masih bisa dipaksa bermain di setting 45 FPS.

Meski tak bisa didorong ke grafis tinggi, namun performa POCO X6 5G cukup baik dalam menjaga frame rate. Kami tidak mengalami penurunan bingkai yang mengganggu, bahkan terasa stabil dalam jangka waktu yang lama.

Kami menguji di POCO

Sedangkan untuk memainkan CarX Street, POCO

Pengalaman bermain CarX Street juga lancar dan stabil untuk setting grafis ini. Hampir tidak ada frame drop sepanjang permainan.

Tak hanya game berat, POCO X6 5G juga bisa memainkan game Mobile Legends dengan lancar. Ini adalah game multipemain kompetitif yang sangat populer.

Untuk memainkan Mobile Legends, POCO X6 5G dapat menjalankan High Frame Rate dan High Graphics. Memang belum mencapai Ultra Frame Rate dan Super Graphics. Namun, ini dapat berjalan dengan stabil tanpa menjatuhkan frame.

Pengalaman bermain game di POCO X6 5G juga tidak terasa panas di bagian belakang. Hanya di bagian samping dekat kamera saja yang mulai panas saat bermain game berat.

Secara keseluruhan, POCO X6 5G untuk gaming memang tidak mencapai grafis tertinggi untuk game berat. Namun, ini dapat berjalan dengan lancar tanpa penurunan bingkai yang nyata pada grafis sedang.

Frame rate yang stabil lebih penting dibandingkan grafis karena dapat menjaga kenyamanan saat bermain game. Tidak ada stuttering yang mengganggu dan sedikit lag, terutama di game kompetitif.

Kamera Foto dan Video

POCO

Dari segi angka, resolusi kamera POCO X6 5G menunjukkan peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Namun peningkatannya tidak hanya pada resolusi yang lebih tinggi.

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 menghadirkan Spectra Snapdragon ISP dengan kemampuan Triple 12-bit. Juga mendukung Zero Shutter Lag hingga AI De-Noise (AIDE).

Alhasil, ISP ini memberikan hasil foto yang lebih konsisten kecuali white balance. Nada warnanya juga lebih natural untuk alam dan objek, sayangnya terasa lebih hangat di kulit manusia.

Hasil foto kamera POCO X6 5G juga lebih rendah noise pada kondisi pencahayaan minim. Baik dalam mode malam maupun mode foto normal.

Ulasan POCO X6 5G - contoh foto. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G – contoh foto. [HiTekno.com]

Mode potret bawaan juga dapat menghasilkan efek blur yang cukup rapi. Hal ini membuktikan kehandalan AI yang dimiliki Snapdragon 7s Gen 2.

Yang paling mencolok adalah kecepatan mendapatkan fokus, serta kecepatan pengambilan foto. Dengan satu klik, momen ditangkap secara instan tanpa penundaan yang mengganggu.

Sayangnya kamera makro di belakang masih sebatas gimmick saja, pasalnya dengan sensor 2 MP hasilnya masih jauh dari kata memuaskan. Dari ukuran foto yang kecil hingga suara yang nyata. Hasil crop kamera utama masih lebih baik dibandingkan kamera makro 2 MP.

Tak hanya kamera belakang pada sensor utama dan ultrawide, kamera selfie POCO X6 5G juga menghasilkan foto akurat, tajam, dan minim noise.

Ulasan POCO X6 5G - contoh foto. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G – contoh foto. [HiTekno.com]

Soal video, inilah keunggulan POCO X6 5G. Kamera belakangnya mampu merekam video hingga resolusi 4K 30 FPS. Namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah resolusi 1080p 60 FPS. Sempurna untuk membuat video yang diunggah ke Instagram Stories.

Dengan gyro-EIS di kamera belakang, rekaman video menjadi lebih stabil. Ada juga fitur Stabilized Video di pengaturannya, sayangnya videonya 30 FPS jika diaktifkan.

Untuk kamera selfienya, POCO X6 5G juga bisa merekam video hingga resolusi 1080p 60 FPS. Kualitasnya juga memadai untuk video selfie.

Baterai dan Pengisi Daya

POCO X6 5G dibekali baterai berkapasitas 5.100 mAh dengan charger 67 watt. Ini merupakan kombinasi yang cukup menarik, karena baterainya berada di atas rata-rata perangkat 5.000 mAh, begitu pula pengisi daya cepatnya yang secara teoritis cukup cepat.

Hasil tes tim HiTekno.commengisi daya baterai dari 2 persen hingga 100 persen dengan pengisi daya internal 67 watt membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Artinya, hanya butuh waktu 56 menit untuk mengisi baterai 5.100 mAh dari 2 persen menjadi 100 persen di POCO X6 5G. Tergolong sangat cepat. Suhu ponsel juga tidak terlalu panas saat sedang diisi dayanya.

Untuk pemakaiannya dirasa cukup aman sepanjang hari. Chipset Snapdragon 7s Gen 2 dengan fabrikasi 4 nm membuktikan betapa hemat daya yang digunakan.

Ulasan POCO X6 5G - layar. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G – layar. [HiTekno.com]

Dalam pengujian tim HiTekno.com, untuk penggunaan sehari-hari seperti scrolling TikTok, Instagram dan X, bermain Genshin Impact dan Mobile Legends bisa puas dengan baterai POCO X6 5G. Ia bahkan belum memasuki mode hemat baterai dalam sehari.

Perangkat ini juga memiliki fitur penghemat baterai dan penghemat baterai ultra di pengaturannya. Jadi Anda bisa memperpanjang penggunaan POCO X6 5G sepanjang hari.

Dari segi kamera foto dan video, POCO X6 5G memberikan peningkatan yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Tidak hanya dalam resolusi, tetapi juga dalam kualitas dan stabilisasi.

Desain dan Fitur

Ulasan POCO X6 5G. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G. [HiTekno.com]

POCO X6 5G yang dipinjamkan POCO Indonesia berwarna putih, namun bukan putih biasa. Ada akses grafis di bagian belakang, namun sayangnya ada akses flash berkilau yang tidak disukai semua orang.

Warna-warna dengan kilauan yang berkilauan pada bodi smartphone memang menjadi tren yang dipopulerkan oleh beberapa brand, sayangnya tidak semua orang menyukai corak seperti itu. Untung saja ditutupi dengan casing.

Desain belakang ponsel barunya ini juga cukup menonjol dengan modul kamera berukuran besar, desain yang menjadi ciri khas POCO. Tersedia tiga kamera belakang, dua di antaranya berbentuk lingkaran besar.

Sementara di bagian depan terdapat punch hole di tengah layar AMOLED berukuran 6,67 inci. Layar POCO X6 5G juga dilindungi Corning Gorilla Glass Victus dan mendukung Dolby Vision.

Di sebelah kanan ada tombol volume dan power, di sebelah kiri tidak ada. Di bagian atas terdapat port audio 3,5 mm, IR Blaster, mikrofon, dan speaker. Di bawahnya terdapat slot kartu SIM, USB type-C, speaker dan mikrofon.

POCO X6 5G tidak menggunakan sensor sidik jari di bagian samping karena sudah menggunakan sensor sidik jari di bawah layar. Handset ini juga mendukung sensor accelerometer, gyro, proximity, compass dan NFC.

Dalam paket penjualannya, POCO Indonesia menyediakan soft case berwarna hitam untuk POCO X6 5G versi putih. Berbeda dengan merk lain yang menyediakan soft case transparan.

Soft case ini memberikan efek berbeda dan membuat tampilan POCO X6 5G semakin gagah. Namun warna hitam membuat warna putih pada bodi belakang tidak terlihat.

Ulasan POCO X6 5G - ketebalan. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G – ketebalan. [HiTekno.com]

Soal audio, selain memiliki port 3,5 mm, POCO X6 5G juga dibekali speaker stereo. Terdapat dua speaker yang terletak di bagian atas dan bawah perangkat.

POCO itu

Masih banyak aplikasi tambahan atau bloatware yang telah diinstal POCO Indonesia di perangkat ini secara default. Mulai dari e-commerce, game, tiket, hingga aplikasi media sosial lainnya.

Keunggulan POCO X6 5G

  • Performa stabil
  • jaringan 5G
  • Video 1080p 60fps
  • Masa pakai baterai yang lama
  • IP54

Kekurangan POCO X6 5G

  • Gimmick kamera makro
  • Keseimbangan putih tidak akurat

Kesimpulan

Ulasan POCO X6 5G. [HiTekno.com]
Ulasan POCO X6 5G. [HiTekno.com]

Hasil pengujian POCO X6 5G menawarkan performa yang andal dan stabil untuk bermain game. Kamera dengan hasil konsisten cukup oke, video 1080p 60fps, fitur lengkap dan memberikan peningkatan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

POCO Demikianlah hasil review POCO X6 5G dari HiTekno.com.

Sayangnya hingga artikel review POCO X6 5G ini ditulis, POCO Indonesia belum membeberkan harga resmi POCO X6 5G di Indonesia.