Jalan Panjang Karier Radja Nainggolan, dari Bintang Liga Italia Hingga Berlabuh ke Bhayangkara FC – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Radja Nainggolan kini resmi bermain untuk Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Sebelum tiba di Indonesia, pesepakbola keturunan Batak ini lebih dulu menjadi bintang di Liga Italia.

Seperti diketahui, Radja Nainggolan dikontrak Bhayangkara FC untuk bermain di putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024. Gajinya pun besar, mencapai Rp 5 miliar lebih.

Pemain baru Bhayangkara FC Radja Nainggolan memegang jersey tim usai diperkenalkan resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (4/12/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Lantas bagaimana perjalanan sepak bola gelandang berusia 35 tahun itu? Mengutip data Transfermarkt, Nainggolan memulai akademi di Beerschot Belgia pada tahun 2003.

Setahun kemudian, pemain yang identik dengan rambut nyentrik ini kemudian hijrah ke Italia. Dia bergabung dengan Piacenza U-19.

Di sana, Radja Nainggolan menghabiskan waktu cukup lama, sekitar enam tahun, hingga akhirnya pindah ke Cagliari.

Kariernya pun melejit seiring Nainggolan direkrut klub ibu kota Italia AS Roma pada 2014. Ia bertahan empat musim bersama I Lupi.

Pada Juli 2018, Nainggolan kemudian menyusul pelatihnya bergabung ke Inter. Sayangnya dia dipinjamkan ke Cagliari musim depan.

Setelah lebih lama dipinjamkan ke Cagliari, gelandang yang mencatatkan 30 caps untuk timnas Belgia itu pulang kampung membela Royal Antwerp.

Namun kariernya tak semulus saat masih muda. Nainggolan hanya bertahan satu setengah musim dan berusaha kembali ke Italia bersama SPAL.

Sayangnya performanya tak kunjung membaik dan akhirnya meninggalkan SPAL pada Juli 2023. Ia juga berstatus tanpa klub.

Kini tim pelabuhan berikutnya Radja Nainggolan sudah tampil ke publik. Ia disebut-sebut akan tampil bersama Bhayangkara FC di BRI Liga 1.

Sedangkan sepanjang karir profesionalnya, Nainggolan tampil dalam 595 pertandingan dengan torehan 67 gol dan 57 assist di level klub.

Radja Nainggolan kini berpeluang debut bersama Bhayangkara FC. Ia pun dibawa bermain pada laga tandang melawan PSM Makassar, Jumat (8/12/2023).