Invasi Naturalisasi, Dari Shayne Pattynama hingga Jay Idzes – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Dalam upaya pemberdayaan Timnas Indonesia, PSSI melakukan berbagai hal. Salah satu caranya adalah dengan melakukan naturalisasi pemain secara turun temurun.

Naturalisasi tidak sembarangan, namun ada beberapa ketentuan yang dijadikan syarat. Salah satunya adalah pemain yang terlibat harus berdarah Indonesia, dan yang terpenting adalah rekomendasi dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sepanjang tahun 2023 ini, ada beberapa nama pesepakbola yang akan diubah kewarganegaraannya menjadi Indonesia. Itu semua dilakukan dengan harapan bisa membuat skuad Garuda semakin kuat.

Baru pada tahun 2023, proses naturalisasi tampaknya terus berlanjut. General Manager PSSI, Erick Thohir bahkan siap terus memberikan lampu hijau, asalkan sang pemain memenuhi kriteria.

Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan yang terbaru Jay Idzes akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2023.

Sebenarnya masih ada lagi nama-nama seperti Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye, namun kemungkinan besar baru akan dilantik pada tahun 2024.

Jadi, bagaimana perjalanan para pemain ini?

Nama Shayne adalah Patty

Nama pertama yang resmi menyandang status WNI pada tahun 2023 adalah Shayne Pattynama. Ia dilantik menjadi WNI pada 24 Januari 2023.

Shayne menjalani proses naturalisasi mulai Mei 2022. Saat itu PSSI masih dipimpin Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Hingga saat ini, pemain yang bermain untuk Viking FK itu sudah lima kali tampil bersama timnas Indonesia. Shayne Pattynama telah mencetak satu gol di tim nasional.

Ivar Jenner dan Rafael Struick

Ivar Jenner dan Rafael Struick menjadi pemain selanjutnya yang resmi dinaturalisasi pada 2023. Keduanya disumpah bersama pada 22 Mei.

Ivar Jenner dan Rafael Struick merupakan pemain muda yang langsung direkomendasikan Pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi WNI. Keduanya awalnya diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia yang dibatalkan.

Meski begitu, keduanya tetap ngotot menjadi WNI meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 bersama Timnas Indonesia. Hingga saat ini Ivar dan Rafael menjadi pemain utama STY.

Ivar sudah dua kali tampil bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Palestina (0-0) dan Argentina (0-2) pada Juni lalu. Sedangkan Rafael Struick sudah tampil empat kali melawan Palestina dan Argentina serta dua kali Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak (1-5) dan Filipina (1-1).

Justin Hubner

Pemain berikutnya adalah Justin Hubner yang mengambil Sumpah Kewarganegaraan Indonesia pada 6 Desember 2023. Dalam perjalanannya, pemain Wolves U-21 itu menghadapi kontroversi sebelum menjadi WNI.

Justin Hubner disebut-sebut telah mencabut naturalisasinya menyusul panggilannya ke timnas U-20 Belanda pada Maret 2023. Bahkan, Justin diambil sumpahnya bersamaan dengan Ivar dan Rafael.

Keikutsertaan Hubner di Timnas U-20 Belanda memang menjadi tanda tanya bagi para pecinta sepak bola, apalagi proses naturalisasinya hilang begitu saja. Bahkan, dikabarkan ada permintaan dari Justin Hubner yang menyebabkan PSSI menolak melanjutkan proses naturalisasi.

Sontak proses naturalisasi Justin terus berlanjut hingga kini ia resmi menjadi warga negara Indonesia. Sang pemain juga berpeluang debut bersama timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Januari mendatang.

Jay Idzes

Jay Idzes menjadi pemain terakhir yang dinaturalisasi demi Timnas Indonesia pada 2023. Ia dilantik pada 28 Desember.

Proses Jay bisa dikatakan sangat cepat. Ia diperkenalkan oleh General Manager PSSI Erick Thohir untuk dinaturalisasi pada 6 September 2023.

Namun sayang, Jay Idzes harus sabar menunggu debutnya bersama Timnas Indonesia karena gagal mendaftar ke Piala Asia 2023 pada Januari ini.

Sebab, pendaftaran pemain sudah ditutup saat pengambilan sumpah. Kemungkinan besar Jay Idzes baru bisa mengenakan seragam Garuda di dadanya pada Maret 2024. Saat itulah lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia berlanjut.