Intip Performa 5 Penyerang Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023, Siapa Paling Tajam? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia bersiap tampil di Piala Asia 2023 yang berlangsung 12 Januari – 10 Februari 2024. Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemainnya untuk menghadapi ajang ini. Beberapa pemain yang dipanggil antara lain lima striker yakni Rafael Struick, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, dan Hokky Caraka.

Berikut pembahasan singkat mengenai performa kelima striker di Timnas Indonesia:

Ramadhan Sananta

Pemain skuad Indonesia Ramadhan Sananta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Brunei Darussalam pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, di SUGBK, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Instagram/@timnas.indonesia)

Striker utama Timnas Indonesia di BRI Liga 1 2023/2024 adalah Ramadhan Sananta yang berhasil mencetak tujuh gol dalam 18 pertandingan bersama Persis Solo.

Meski sudah mengoleksi empat gol dari tujuh penampilannya bersama Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta cenderung lebih sering menjadi supersub dibandingkan starter.

Dimas Drajad

Penyerang timnas Indonesia, Dimas Drajad, tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [IG Timnas Indonesia]
Penyerang timnas Indonesia, Dimas Drajad, tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [IG Timnas Indonesia]

Sebagai penyerang utama Timnas Indonesia sejak setahun lalu, Dimas Drajad sudah mencetak enam gol dari sebelas penampilannya bersama Skuad Garuda.

Namun Dimas Drajad kini mendapat tantangan untuk mempertahankan posisinya di lini depan Timnas Indonesia. Ketajamannya memudar di BRI Liga 1 2023/2024 ketika ia tak mampu mencetak gol dalam 15 pertandingan bersama Persikabo 1973.

Dendy Sulistyawan

Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, tampil pada laga FIFA Match Day melawan Turkmenistan. [dok. PSSI]
Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, tampil pada laga FIFA Match Day melawan Turkmenistan. [dok. PSSI]

Meski hanya mencetak satu gol dalam 22 pertandingan BRI Liga 1 2023/2024, Dendy Sulisyawan tetap dipercaya Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Kepercayaan diri tersebut didasari oleh sifat ulet dan kemampuannya bermain sebagai pemain sayap atau penyerang tengah, sehingga memungkinkannya beradaptasi dengan pola permainan yang berubah.

Rafael Struick

Rafael Struick selebrasi usai membobol gawang Chinese Taipei di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 (instagram/@Timnas.indonesia)
Rafael Struick selebrasi usai membobol gawang Chinese Taipei di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 (instagram/@Timnas.indonesia)

Rafael Struick memang tampil sebagai starter dalam dua laga terakhir timnas Indonesia, namun pemain ADO Den Haag itu masih perlu membuktikan ketajamannya.

Meski sudah berusia 20 tahun, penyerang naturalisasi itu belum mencetak gol dalam empat penampilan.

Hoki Caraka

Timnas Indonesia meraih kemenangan besar atas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, sedangkan Vietnam dikalahkan 6-0 oleh Korea Selatan.  (pssi.org)
Timnas Indonesia meraih kemenangan besar atas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, sedangkan Vietnam dikalahkan 6-0 oleh Korea Selatan. (pssi.org)

Hokky Caraka tampil sebagai pesaing utama di lini depan Timnas Indonesia dengan mencetak dua gol dalam tiga penampilannya bersama Skuad Garuda.

Namun, kemungkinan besar Hokky Caraka akan menjadi pemain pengganti jika terpilih masuk skuad terakhir Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Hal itu dikarenakan pengalamannya yang terbatas di level internasional.

Kontributor: Imadudin Robani Adam