Inggris vs Spanyol: Rekor pertemuan langsung lengkap

by

Inggris dan Spanyol telah lama dianggap sebagai negara sepak bola terkemuka, namun keduanya jarang bertemu di panggung terbesar.

Kedua negara telah mengalami pasang surut, hanya Spanyol yang jauh lebih mampu memanfaatkan bakat dunia lain mereka selama siklus gemilang mereka tahun 2008-2012 dibandingkan dengan Inggris, yang masih mencari trofi yang sulit diraih sejak kemenangan mereka di Piala Dunia tahun 1966.

The Three Lions telah melalui semuanya, dengan apa yang saat itu merupakan “30 tahun penuh penderitaan” ketika lagu ikonik Baddiel & Skinner dirilis pada tahun 1996 berlanjut hingga tahun 2024.

Namun, Spanyol juga mengalami masa sulit yang panjang dan, dalam banyak hal, memiliki banyak kemiripan dengan Inggris. Mereka dulunya selalu gagal dan sebelumnya mengadopsi gaya yang jauh lebih primitif dibandingkan dengan bentuk kontemporer mereka yang netral dan suka berpetualang.

Berikut ini adalah ikhtisar rekor head-to-head Inggris dengan Spanyol.

Telah terjadi beberapa gol beruntun di awal persaingan antara Inggris dan Spanyol, dan meskipun bentrokan ini tidak sepenuhnya sesuai dengan kriteria itu, ini merupakan pertemuan pertama antara kedua negara di sebuah turnamen besar.

Perjalanan Inggris di Piala Dunia 1950 merupakan bencana yang tidak dapat dihindari setelah dipermalukan oleh AS di pertandingan pertama grup mereka.

Reporter saat itu, seperti Mike Payne dan Norman Giller, memuji usaha dan penampilan Three Lions sembari mengkritik apa yang Payne gambarkan sebagai taktik Spanyol yang “meragukan”. Saat itu, Spanyol tidak mendukung tiki-taka atau Total Football. Pendekatan mereka langsung, agresif, dan sinis, tetapi mereka menang di Rio de Janeiro saat penyerang Telmo Zarra mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu tepat setelah turun minum.

Dengan kekalahan itu, Inggris tersingkir dari Piala Dunia.

Ray Clemence dari Inggris

Inggris mengalahkan Spanyol dalam pertemuan pertama mereka di Euro / Steve Powell/GettyImages

30 tahun sejak pertama kali mereka Piala Dunia pertemuan pertama mereka, pasangan ini saling berhadapan di Kejuaraan Eropa yang diselenggarakan tahun 1960.

Kedua tim mengalami masa-masa sulit di Euro 1980 dan memasuki pertandingan terakhir grup dengan hanya meraih satu poin dari dua pertandingan pembuka. Inggris membutuhkan setidaknya kemenangan dengan selisih dua gol untuk memberi mereka harapan untuk lolos dan mengawalinya dengan baik saat Trevor Brooking mencetak gol dalam waktu 20 menit.

Namun, Spanyol bangkit setelah turun minum dan menyamakan kedudukan lewat penalti Dani. Mereka kemudian mendapat tendangan penalti lagi beberapa menit kemudian, tetapi setelah tendangan ulang, Ray Clemence menggagalkan tendangan Dani dari jarak 12 yard untuk mengembalikan momentum Inggris.

Penampilan mereka setelah itu sangat mengesankan dan gol Tony Woodcock pada menit ke-60 memastikan mereka meraih kemenangan yang pantas dan keluar dari turnamen dengan baik.

Prestasi Gary Lineker di Barcelona membuatnya dikenal baik oleh para pendukung setia Santiago Bernabeu saat Inggris bertandang ke kandang Real Madrid untuk pertandingan persahabatan pada bulan Februari 1987. Hanya beberapa minggu sebelumnya, Lineker telah mencetak tiga gol dalam El Clasico dalam kemenangan 3-2 untuk Barca di Camp Nou.

Spanyol tidak terkalahkan di kandang sendiri selama tiga tahun saat tim asuhan Sir Bobby Robson mengunjungi ibu kota, tetapi Inggris akan pulang dengan kemenangan bersejarah dengan Lineker berfungsi sebagai protagonis sekali lagi.

Emiliano Butragueno membawa tuan rumah unggul lebih dulu, tetapi mereka harus mengakui keunggulan 4-1 berkat kepiawaian Lineker di kotak penalti. Pemain depan Inggris itu tampil gemilang dalam perburuan bola untuk membuat Three Lions terlelap, dan meskipun Spanyol bangkit di penghujung laga dan mencetak gol kedua, ini adalah malamnya Lineker dan Inggris.

Stuart Pearce

Pelepasan katarsis Stuart Pearce / Getty Images/GettyImages

Tentu saja tidak ada yang berkesan dari 120 menit pertama pertandingan perempat final Euro 96 ini selain gol Spanyol yang dianulir secara tidak sah. Pertandingan itu cukup membosankan, seperti juga sebagian besar pertandingan di turnamen itu yang rata-rata hanya menghasilkan dua gol per pertandingan.

Akan tetapi, adu penalti berikutnya – setidaknya bagi para pendukung Inggris – lebih dari sekadar menebus apa yang baru saja mereka alami.

Itu adalah masa suram bagi tim nasional setelah kekalahan telak dalam adu penalti melawan Jerman enam tahun sebelumnya. Inggris telah gagal total di Euro 92 dan bahkan tidak lolos ke Piala Dunia 1994, tetapi keajaiban Gazza melawan Skotlandia dan kemenangan telak atas Belanda telah membuat negara tersebut terserang demam Euro di tanah kelahirannya.

Tim asuhan Terry Venables didukung oleh negara yang bersemangat dan kemenangan adu penalti mereka atas Spanyol merupakan pelepasan katarsis yang paling hebat, terutama bagi Stuart Pearce, yang mencetak gol setelah gagal saat melawan Jerman. Inggris tampil sempurna dari titik penalti, sementara Fernando Hierro dan Miguel Angel Nadal gagal membawa Spanyol ke babak empat besar.

Raheem Sterling

Inggris mengamankan kemenangan pertama mereka di Spanyol dalam lebih dari 30 tahun pada bulan Oktober 2018 / Michael Regan/GettyImages

Kepahlawanan Lineker di Madrid dan kemenangan Inggris 4-2 adalah terakhir kalinya mereka menang di Spanyol ketika Gareth Southgate membawa pasukannya yang bersemangat ke Seville untuk pertandingan Nations League pada bulan Oktober 2018.

Spanyol telah memenangi pertandingan sebelumnya di Wembley tetapi semangat tinggi berada di kubu Inggris setelah keberhasilan terobosan mereka di Piala Dunia di Rusia.

Ada kesan bahwa tim Southgate mampu melakukan sesuatu yang sangat spektakuler dan mereka pasti melakukannya di Seville. The Three Lions sangat agresif dalam serangan balik, dengan Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Harry Kane yang semuanya membuat kekacauan. Mereka unggul 3-0 saat jeda setelah Eric Dier menjatuhkan Sergio Ramos di babak pertama untuk mengatur tempo permainan.

Spanyol berhasil bangkit setelah babak kedua dimulai, dan Inggris bergantung pada Jordan Pickford menjelang akhir untuk mempertahankan kemenangan mereka, tetapi ini bisa dibilang merupakan penampilan paling mengesankan dan hasil signifikan dari era Southgate.

Inggris vs Spanyol – Rekor H2H Lengkap

Inggris vs Spanyol – Rekor Pertemuan Pertama Kejuaraan Eropa

Pencetak gol terbanyak dalam pertandingan Inggris vs Spanyol

Pemain

Bangsa

Sasaran

Gary Lineker

Inggris

4

Jack Smith

Inggris

2

Tommy Johnson

Inggris

2

Joe Carter

Inggris

2

Puji syukur Martinez

Spanyol

2

BACA LEBIH LANJUT BERITA INGGRIS TERBARU, KUTIPAN, DAN PRATINJAU PERTANDINGAN