Indra Sjafri Ngaku Beri Masukan Sebelum Timnas Indonesia Hajar Vietnam: Saya Pernah Kalahkan Troussier – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri melontarkan pernyataan bahwa dirinya telah memberikan masukan kepada jajaran kepelatihan Timnas Indonesia sebelum sukses mengalahkan Vietnam pada Jumat (19/1/2024).

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam saat kedua tim bentrok pada laga hari kedua Grup D Piala Asia 2023 di Doha, Qatar.

Dalam prosesnya, tim besutan Shin Tae-yong mampu mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal kapten Asnawi Mangkualam yang bermula dari tendangan penalti.

Baca juga: Aksi Marcelino Ferdinand Berubah Jadi Gareth Bale, Beri Kartu Merah pada Pemain Vietnam itu

Dijelaskan Indra Sjafri, dirinya kerap memberi masukan kepada jajaran kepelatihan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong selama Piala Asia 2023.

Khusus menghadapi Vietnam, Indra mengatakan hal itu patut dilakukan karena ia pernah mengalahkan Vietnam asuhan Philippe Troussier di semifinal SEA Games 2023.

Indra yang memimpin Timnas Indonesia menjadi juara SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand, pertama kali mengalahkan Vietnam di empat besar dengan skor 3-2.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri. (pssi.org)

Skuad Indonesia saat ini juga ditemani oleh beberapa alumni timnas U-22 SEA Games lalu. Sebut saja Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Pratama Arhan.

“Hampir setiap hari kami ngobrol dengan pelatih timnas. Saya komunikasi setiap hari dengan Nova Arianto, bagaimana Jepang, bagaimana Vietnam?” jelas Indra Sjafri saat ditemui di ASIOP Training Center Sentul, Bogor, Sabtu (20/1/2024) pagi.

Karena saya mengalahkan Philippe Troussier di SEA Games kemarin. Alhamdulillah, yang kita harapkan tadi malam bisa meraih tiga poin, jelasnya.

Baca juga: Saat Wasit ‘Mencuri’ Bola Marcelino Ferdinand, Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam Dihentikan

Kemenangan atas Vietnam membuat skuad Indonesia memperpanjang asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Skuad Garuda kini berada di peringkat ketiga Grup D dengan tiga poin.

Jumlah poinnya sama dengan peringkat kedua Jepang. Timnas Indonesia hanya kalah jumlah gol dan selisih gol dari Samurai Biru.

Situasi ini membuat laga final Grup D akan menjadi laga hidup mati timnas Indonesia dan Jepang. Kedua negara akan berusaha meraih hasil positif untuk melaju ke babak 16 besar.

Laga Timnas Indonesia vs Jepang akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar. Laga tersebut rencananya akan berlangsung pada 24 Januari.