Indra Sjafri akan Rampingkan Skuad Timnas Indonesia U-20 Pasca Rampungnya TC – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, akan membenahi skuad anak asuhnya usai mengikuti pemusatan latihan (TC) alias pemusatan latihan pada 10 Februari mendatang.

Kemudian, Indra Sjafri akan menurunkan 13 pemainnya dan hanya menyisakan 17 pemain untuk mengisi skuad Timnas Indonesia U-20.

Hal itu disampaikan Indra usai kekalahan Timnas U-20 Indonesia dalam laga uji coba melawan Uzbekistan U-20 dengan skor 2-3 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (31/1). . /2024) malam.

“Dua laga uji coba internasional yang kami lalui, kami hampir mencoba lebih dari 27 pemain di dua laga tersebut dan kini kami tahu pasti bahwa dari 30 pemain yang mengikuti TC, kini hanya ada sekitar 17 pemain yang menurut saya berhak untuk berpartisipasi. dari skuad U-20,” kata Indra dilansir Antara, Rabu (31/1/2024).

“Tim ini akan terus melaksanakan TC hingga tanggal 10, sehingga nanti kami pastikan mungkin ada satu atau dua tes lagi untuk menentukan siapa di antara 30 pemain tersebut yang benar-benar bisa bergabung di timnas U-20,” lanjutnya. Pelatih yang meraih emas bersama Timnas U-23 Indonesia di SEA Games Kamboja 2023.

Perlu diketahui, Timnas U-20 Indonesia yang dilatih Indra Sjafri merupakan timnas yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Sebelum melakoni ajang akbar tersebut, Timnas U-20 akan mengikuti Piala AFF U-19 2024 pada pertengahan tahun nanti sebagai langkah awal untuk menilai lebih jauh kekuatan tim ke depannya sebelum bermain di Piala Asia. Kualifikasi. di akhir tahun.

Oleh karena itu, guna mengisi kekurangan yang ada pasca perampingan skuad U-20 menjadi 17 pemain, Indra akan menambah pemain baru yang didapat dari Piala Soeratin, rival Elite Pro Academy (EPA), dan merekrut pemain Indonesia yang punya karir di luar negeri.

“Pertama, kami mengirimkan pelatih ke Surabaya untuk menyaksikan semifinal Piala Soeratin dan kami juga mengikuti turnamen EPA, Elite Pro Academy dan setelah itu kami menginventarisasi pemain kami yang bermain di luar negeri sehingga ada beberapa pemain yang lahir. tahun 2005 yang main di luar dan sudah kita komunikasikan nanti di FIFA Match Day bulan Maret kita akan lakukan TC lagi,” jelas Indra.

“Kami akan panggil nama-namanya (pemain asing), jadi yang pasti setiap hari pertandingan FIFA akan ada TC dan dilakukan uji coba. “Program kita sampai bulan Desember ini akan kita sampaikan ke PSSI yang juga bulan Juli, ya minggu kedua kalau tidak salah akan ada AFF, jadi itu parameter pertama kesiapan tim ini menuju Kualifikasi AFC di akhir. tahunnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan melakukan banyak seleksi di skuad U-20, Indra menjelaskan hal itu bertujuan untuk mendapatkan pemain yang benar-benar berkualitas.

“Pertama kenapa dia dipilih, empat kondisi yang kami komunikasikan kepada pemain di awal TC dan juga hasil tes yang kami lakukan, profil medisnya, jadi ada beberapa pemain yang juga mengalami kendala dari sisi medis. samping. Kedua, dari segi profil fisik, dari segi fisiologi, dari segi psikologi, kata Indra.

“Jadi seluruh Ketua Umum PSSI berpesan agar kita benar-benar mencari pemain atau pemain yang akan kita investasikan agar menjadi pemain yang benar-benar berkualitas. “Jadi, profil ini dilengkapi dengan tes yang dilakukan untuk melihat kemampuan taktis baik secara individu, apakah dalam kelompok taktis, baik dalam cara dia mengelola tim taktis,” ujarnya.