Hasil Piala AFF U-23: Bungkam Kamboja di Laga Pamungkas Grup A, Thailand Beri Jalan untuk Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tiga poin diraih Thailand pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-23 usai mengalahkan Kamboja. Pada laga yang berlangsung di Stadion PTT, Rayong, Senin (21/8/2023), tim tuan rumah meraih kemenangan besar dengan skor 2-0.

Dua gol Thailand pada pertandingan tersebut dicetak oleh gol bunuh diri pemain Kamboja Reth Ly Heng pada menit ke-50 dan ke-80.

Ini merupakan kemenangan ketiga beruntun Thailand di Grup A setelah sebelumnya mengalahkan Myanmar 3-0 dan Brunei 3-0. Memuncaki Grup A dengan sembilan poin, Thailand mengamankan tempat di semifinal Piala AFF U-23 2023.

Bagi Kamboja, kekalahan ini merupakan mimpi buruk. Karena mereka harus dihilangkan. Mereka menyelesaikan Grup A dengan empat poin dari satu kemenangan, satu seri dan satu kekalahan.

Meski mengumpulkan empat poin, kemenangan 5-0 atas Brunei di laga pembuka tidak masuk hitungan dalam aturan memilih runner-up terbaik untuk tiket semifinal. Pasalnya, pertandingan melawan tim terlemah di Grup A yang beranggotakan empat tim (hanya tiga tim di Grup B dan C) tidak dihitung.

Sebab, Kamboja yang hanya mengoleksi satu poin dari hasil imbang melawan Myanmar dipastikan gagal lolos melalui jalur runner up terbaik. Karena sudah ada tim yang berada di puncak rute.

Tim yang dimaksud adalah Timnas Indonesia. Tim asuhan Shin Tae-yong saat ini berada di urutan kedua Grup B dengan tiga poin dari dua pertandingan; 2-1 melawan Malaysia dan 1-0 melawan Timor Leste.

Timor Leste masih berpeluang menyalip Garuda Muda karena masih ada laga terakhir di Grup B. Syaratnya, kalahkan Malaysia dengan skor minimal 2-0.

Begitu pula dengan Filipina yang masih akan menghadapi pertandingan terakhir melawan Vietnam. Filipina sendiri kini berada di urutan kedua Grup C dengan satu poin diisi oleh tiga tim sekelas Grup B.