Hasil perempat final putri dan pemain kunci

by

Babak perempat final yang dramatis berakhir pada hari Sabtu dalam turnamen sepak bola wanita di Olimpiade 2024 di Prancis.

Saingan lama Amerika Serikat dan Jepang memulai acaranya pada sore hari, diikuti oleh Piala Dunia pemenangnya Spanyol dan Kolombia. Peraih medali emas Kanada menghadapi Jerman, yang diikuti oleh tuan rumah Prancis menghadapi Brasil di Nantes.

Tiga dari empat pertandingan berlanjut hingga perpanjangan waktu, sementara dua pertandingan berlanjut hingga adu penalti pada hari yang dramatis. Hanya satu pertandingan yang berakhir dalam waktu normal di pertandingan final saat tuan rumah Prancis disingkirkan oleh Brasil.

Di Sini, 90 menit melihat hasil perempat final dan memilih pemain untuk setiap pertandingan…

Sophia Smith

Sophia Smith beraksi untuk USWNT melawan Jepang / Daniela Porcelli/ISI Photos/GettyImages

Pertandingan berlangsung tenang dan hati-hati antara AS dan Jepang karena kedua tim hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran pada menit ke-60. Setelah 90 menit tanpa gol, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan, di mana AS akhirnya meningkatkan level permainan mereka.

Di akhir babak pertama perpanjangan waktu, umpan dari Crystal Dunn berhasil disambar Trinity Rodman. Kaki cepat penyerang AS itu menciptakan peluang dan ia melepaskan tembakan ke sudut jauh gawang untuk membawa timnya unggul.

Meskipun Jepang terlambat menekan di tahap akhir, AS mampu mempertahankan hasil dan melaju ke semi-final.

Pemain terbaik pertandingan: Trinity Rodman (AS) – 7/10 – Seperti yang dilakukannya di pertandingan terakhir grup, Rodman kembali tampil gemilang. Sore itu merupakan sore yang berat bagi lini depan AS karena mereka kesulitan menembus pertahanan Jepang, tetapi kesempatan itu diambil pada saat yang paling penting.

Aitana Bonmati

Aitana Bonmati mencetak penalti kemenangan bagi Spanyol saat melawan Kolombia / Claudio Villa/GettyImages

Spanyol nyaris muncul sebagai pemenang dalam penampilan yang kurang mengesankan dari sang juara dunia, yang membutuhkan adu penalti untuk akhirnya menyingkirkan Kolombia.

ChelseaMayra Ramirez dari Spanyol membuka skor pada 15 menit pertama untuk menempatkan Spanyol dalam posisi sulit sebelum Leicy Santos mencetak gol kedua Kolombia tak lama setelah turun minum.

Spanyol tampaknya harus menempuh perjalanan panjang, tetapi serangkaian cedera yang dialami pemain seperti Ramirez dan Linda Caicedo membuat akhir pertandingan menjadi sulit bagi tim Amerika Selatan itu.

Pemain pengganti Jenni Hermoso menjadi pemicu yang sangat dibutuhkan Spanyol karena golnya sepuluh menit sebelum pertandingan berakhir memicu kebangkitan. Irene Paredes, yang bersalah atas salah satu gol sebelumnya, menebus kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang di menit-menit terakhir untuk membawa pertandingan ke babak tambahan.

Kualitas Spanyol kemudian terlihat saat adu penalti saat mereka mengklaim kemenangan lewat empat tendangan penalti yang dikonversi menjadi gol, sedangkan Kolombia hanya dua. Pemenang Ballon d’Or Aitana Bonmati melangkah maju untuk mencetak gol penalti kemenangan bagi Spanyol guna menjaga impian Olimpiade mereka tetap hidup.

Pemain terbaik pertandingan: Jorelyn Carabali (Kolombia) – 8/10 – Dua gol dan adu penalti melawan juara dunia tidak boleh diabaikan. Selain pencetak gol, bek tengah Carabali yang menonjol bagi Kolombia karena kegigihan, ketahanan, dan keinginannya memungkinkan mereka bertahan selama yang mereka lakukan. Tidak setiap hari Spanyol mengalami hari yang buruk di depan gawang dan itu sebagian besar karena kerja keras bek Brighton tersebut.

Ann Katrin Berger, penulis

Ann-Katrin Berger beraksi untuk Jerman selama adu penalti melawan Kanada / PASCAL GUYOT/GettyImages

Malam itu merupakan malam yang buruk bagi Jerman dan Kanada di Marseille. Kanada memiliki peluang yang lebih baik dengan lima tembakan tepat sasaran dibanding satu tembakan Jerman selama 90 menit dan perpanjangan waktu.

Ini adalah perempat final kedua yang berlanjut hingga adu penalti dan aksi heroik Ann-Katrin Berger membawa Jerman melaju ke semifinal. Ashley Lawrence gagal mengeksekusi penalti, tetapi beberapa saat kemudian Sydney Lohmann melepaskan tendangan tinggi dan melebar untuk menjaga kedudukan tetap imbang.

Adriana Leon, yang seringkali diandalkan Kanada, juga penaltinya berhasil ditepis dan Berger-lah yang kemudian mencetak gol penalti kemenangan bagi Jerman.

Pemain terbaik pertandingan: Ann-Katrin Berger (Jerman) – 8/10 – Ia membuat Jerman tetap bertahan dalam permainan selama 90 menit dan perpanjangan waktu dengan beberapa penyelamatan gemilang, tetapi dalam adu penalti, pemain berusia 33 tahun itu benar-benar tampil gemilang. Ia tidak hanya menyelamatkan dua penalti Kanada, tetapi juga mencetak golnya sendiri untuk membawa Jerman lolos.

Gabi Portilho

Gabi Portilho mencetak gol untuk Brasil di babak perempat final melawan Prancis / Robert Cianflone/GettyImages

Perempat final terakhir mempertemukan tuan rumah Prancis dengan Brasil, yang tidak diperkuat pemain berpengalaman Marta setelah ia dikeluarkan karena melakukan pelanggaran keras dalam pertandingan terakhir mereka di babak penyisihan grup. Prancis hampir memulai pertandingan dengan sempurna karena mereka memenangkan penalti dalam 20 menit pertama, tetapi Sakina Karchaoui tidak dapat mengonversinya.

Prancis terus mendominasi jalannya pertandingan hingga akhir, tetapi kurangnya konsentrasi di lini belakang memberi peluang bagi Brasil. Dengan upaya pertama mereka yang tepat sasaran pada menit ke-82, Gabi Portilho menangkap bola liar dan membawa Brasil unggul.

Meski mendapat tambahan waktu 16 menit di akhir babak ke-90, Prancis tidak mampu menyamakan kedudukan dan membawa pertandingan ke babak tambahan. Tim asuhan Herve Renard akhirnya kehabisan ide saat mereka menggunakan tendangan jarak jauh, tetapi Brasil bertahan dengan gagah berani.

Pemain terbaik pertandingan: Gabi Portilho (Brasil) – 7/10 – Setelah 80 menit tanpa gol, tidak banyak yang bisa dirayakan. Namun, Portilho tampil gemilang untuk memanfaatkan kesalahan langka dan memastikan kemenangan.

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU