Hasil Inspeksi FIFA ke Stadion Piala Dunia U-17: Rumput Paling Disorot, Termasuk JIS – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan rumput stadion adalah hal yang paling disorot FIFA. Hal itu diungkapkan orang nomor satu federasi itu ketika membeberkan hasil inspeksi stadion-stadion untuk Piala Dunia U-17 2023.

FIFA berada di Indonesia sejak 28 Juli sampai 2 Agustus 2023 untuk menginspeksi empat venue utama yang diajukan PSSI sebagai venue Piala Dunia U-17 yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

FIFA, PSSI, dan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) saat meninjau beberapa stadion di Kota Surabaya. [Diskominfo Surabaya]

Selain venue utama, FIFA mengecek beberapa lapangan yang kemungkinan menjadi lokasi latihan. Lapangan tersebut ada di sekitar venue utama.

Erick menjelaskan dari catatan FIFA, hal yang paling disorot adalah rumput. Erick Thohir memaklumi karena stadion-stadion tersebut dipakai untuk pertandingan.

“Masalah lapangan memang dilihat dari catatan FIFA ini semua soal rumput. Jadi, karena kan kembali yang saya bilang ketika Piala Dunia U-20 lolos, terus dipakai lagi rumputnya tidak mungkin tidak rusak,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

“Ini yang jadi catatan, harus benar-benar perawatan rumputnya. Di semua lapangan latihan harus ditingkatkan,” sambungnya.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan bergulir pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. PSSI pun tengah berburu dengan waktu dalam hal persiapan.

“Nanti pada 25 Agustus ada tim dari Australia dan Eropa yang datang. Jumlahnya 15 orang untuk memastikan ini lapangannya,” jelas Erick Thohir.

“Hari ini kami bernegosiasi (ke FIFA) dan mengusulkan sesuai dengan budget, logistik, dan persiapan kita yang tersisa 100 hari. Kita tidak mau ambil risiko,” pungkas mantan presiden Inter Milan tersebut.