Harga Pasar Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh, Siapa Starter Lawan Argentina? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Persaingan di sektor pertahanan khususnya bek kanan Timnas Indonesia semakin sengit. Asnawi Mangkualam kini harus bersaing dengan pemain naturalisasi, Sandy Walsh.

Pelatih Shin Tae-yong diketahui sempat memanggil Asnawi dan Sandy Walsh untuk memperkuat timnas Indonesia dalam dua laga uji coba FIFA Matchday Juni 2023 melawan Palestina dan Argentina.

Situasi ini membuat persaingan di sektor senior skuat Garuda diprediksi akan sangat sengit. Apalagi, kedua pemain tersebut sedang bekerja di luar negeri.

Potret Sandy Walsh.[Twitter/@SandyWalsh_]

Asnawi saat ini berkarir bersama klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Sedangkan Sandy semakin sukses dalam karirnya dimana saat ini ia berseragam klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen.

Dari sisi harga pasar, selisih nominal keduanya cukup drastis. Sandy misalnya, berstatus pesepak bola termahal di skuat Garuda karena harga pasarannya mencapai Rp 34,76 miliar.

Nilai ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, pemain Indonesia-Belanda itu berkarier di Eropa. Ia juga memiliki pengalaman bermain untuk klub kasta teratas di Liga Belgia.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub K League 2, Jeonnam Dragons, Jumat (27/1/2023). [Instagram/@jeonnamdragons_fc]
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub K League 2, Jeonnam Dragons, Jumat (27/1/2023). [Instagram/@jeonnamdragons_fc]

Sedangkan Asnawi Mangkualam memiliki nilai pasar Rp 5,65 miliar. Jumlah tersebut sebenarnya cukup tinggi karena merupakan pemain lokal termahal di timnas Indonesia.

Selain Asnawi, statusnya sebagai pemain lokal termahal di timnas Indonesia juga memunculkan nama-nama seperti Rachmat Irianto (Persib Bandung) dan Rizky Ridho (Persija Jakarta) yang memiliki nilai sama.

Dari segi performa, Sandy Walsh masih lebih baik dari Asnawi. Pada musim 2022-2023, pemain berusia 28 tahun itu berhasil menyumbang tiga gol dan tiga assist dari 30 penampilannya bersama KV Mechelen.

Sedangkan Asnawi hanya mampu membukukan dua assist dari sembilan penampilannya bersama Jeonnam Dragons yang saat ini tertahan di peringkat sembilan Liga K 2 2023.