Hal-hal yang perlu diketahui tentang lawan Chelsea di Conference League

by

Malam-malam gemilang di Eropa akan kembali ke Stamford Bridge, namun Chelsea harus melewati babak play-off terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan mereka. Liga Konferensi 2024/25 kampanye.

Klub yang baru saja identik dengan kesuksesan Liga Champions harus menerima kenyataan bermain di kompetisi baru UEFA tersebut setelah absen sama sekali dari Eropa pada musim lalu.

Malam Kamis merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi Enzo Maresca untuk menenangkan anggota-anggota pinggiran dari skuadnya yang sangat besar, dengan kompetisi tersebut menjadi kesempatan yang sangat baik bagi pelatih asal Italia itu untuk mengklaim trofi juara di tahun pertama.

Akan tetapi, finis di posisi keenam Liga Primer Inggris pada pertandingan terakhir tidak menjamin tempat di Liga Konferensi. Faktanya, setiap tim harus bermain di babak play-off untuk mengamankan tempat mereka masing-masing di fase liga baru.

The Blues akan berhadapan dengan klub Swiss Servette dan berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang milik Chelsea lawan yang akan datang menjelang pertemuan dua leg mereka.

FBL-SUI-CUP-SERVETTE-LUGANO

Servette adalah salah satu klub tertua dan tersukses di Swiss / FABRICE COFFRINI/GettyImages

Servette merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Swiss yang didirikan pada tahun 1890 – awalnya sebagai klub rugbi. Terletak di pinggiran Jenewa dan dekat perbatasan Prancis, Les Grenats juga termasuk di antara klub tersukses di negara itu.

Mereka mengangkat gelar nasional pertama mereka pada tahun 1907 setelah mendaftar untuk Seri A Swiss pada awal abad ke-20. Sejak saat itu, Servette telah mengklaim 17 gelar liga, hanya Grasshoppers (27) dan Basel (20) yang menang lebih banyak. Namun, kemenangan gelar terakhir mereka diraih pada tahun 1999. Mereka tidak pernah memenangkan Liga Super Swiss, yang dibentuk pada tahun 2003, tetapi pernah sekali menjadi runner-up.

Sebenarnya, sebagian besar kejayaan Servette terjadi sebelum Perang Dunia II, sementara masa-masa puncaknya hanya terjadi secara sporadis setelahnya.

Selain 17 gelar liga mereka, klub Genevans juga merupakan pemenang delapan kali Piala Super Swiss dan rekor tiga kali pemenang Piala Liga Swiss. Mantan manajer Borussia Dortmund dan pemain Servette Lucien Favre membimbing klub tersebut meraih penghargaan utama terakhir mereka pada tahun 2001.

FBL-EUR-C3-SERVETTE-ROMA

Servette menghadapi Roma di Liga Europa musim lalu / FABRICE COFFRINI/GettyImages

Peringkat koefisien Swiss yang terhormat dan keberhasilan Servette yang lumayan di Liga Super Swiss berarti klub tersebut tidak asing dengan kompetisi Eropa. Mereka telah berkompetisi di Eropa delapan kali pada abad ini tetapi belum berhasil melewati babak penyisihan grup.

Pada abad ke-20, Servette tampil 24 kali di Piala Eropa/Liga Champions (termasuk babak kualifikasi). Penampilan terbaik mereka di Eropa adalah saat mereka berhasil mencapai perempat final Piala Winners Eropa 1966/67 dan 1978/79.

Penampilan terbaik mereka di Eropa terjadi pada tahun 2001/02 saat mereka mencapai babak keempat Piala UEFA sebelum kalah dari tim Valencia yang tangguh dengan agregat 5-2. Mereka terlibat dalam babak penyisihan grup Liga Eropa musim lalu, menghadapi Roma asuhan Jose Mourinho, tetapi gagal lolos ke babak sistem gugur dan kemudian tersingkir dari Liga Konferensi oleh Viktoria Plzen di babak 16 besar.

Setelah finis di posisi ketiga Liga Super Swiss musim lalu, Servette melaju ke babak kualifikasi Liga Europa sebelum dikalahkan oleh Braga yang membuat mereka turun ke divisi kedua. Liga Konferensi babak play-off.

Manajer Arsenal Arsene Wenger (Kanan) berbicara

Philippe Senderos (kiri) dijual ke Arsenal untuk menjaga Servette tetap bertahan / IAN KINGTON/GettyImages

Servette telah bangkit kembali dari kehancuran finansial yang memaksa mereka bangkrut pada tahun 2005. Masalah tersebut bermula ketika perusahaan TV Prancis Canal+ dan Didier Piguet membeli saham Paul-Annik Weiller di klub tersebut delapan tahun sebelumnya dan kemudian menjualnya pada tahun 2002.

Utang mereka terus bertambah dari tahun ke tahun, dengan Piguet didakwa melakukan penipuan setelah menjual sahamnya. Para pemain dijual hanya untuk bertahan hidup, sementara rencana besar agen Marc Roger untuk menstabilkan klub tidak membuahkan hasil. Roger yang ambisius menenggelamkan klub lebih jauh ke dalam lumpur berkat perekrutan yang buruk dan harapan mantan agen tersebut bahwa mantan presiden Real Madrid Lorenzo Sanz akan berinvestasi dan menyelamatkan klub.

Dia tidak melakukannya.

Kekacauan dan kebangkrutan terjadi saat Servette, yang telah bermain selama 115 tahun di liga utama Swiss, dikeluarkan dari Liga Super. Mereka memulai kembali di divisi ketiga, tetapi kemajuan yang dicapai digagalkan oleh pengajuan kebangkrutan lainnya pada tahun 2012. Setelah ketidakstabilan, harapan palsu, degradasi, dan turbulensi, Servette kini berada di tangan Didier Fischer dan Yayasan 1890.

Klub ini kembali ke kasta teratas pada tahun 2019 dan telah berupaya keras untuk kembali ke puncak sepak bola Swiss sekali lagi.

Gael Clichy

Clichy menghabiskan tiga tahun di Servette untuk menutup kariernya / Eurasia Sport Images/GettyImages

Meskipun Servette telah menikmati banyak kesuksesan bersejarah, mereka tidak memiliki pemain hebat sepanjang masa. Klub tersebut memiliki Oliver Neuville dan Sonny Anderson saat mereka merebut kembali gelar Swiss pada tahun 1994, sementara Lucien Favre, yang bukan pemain luar biasa dan lebih dikenal karena karyanya di pinggir lapangan, termasuk di antara pemain dengan penampilan terbanyak di klub tersebut.

Karl-Heinz Rummenigge yang hebat menghabiskan dua tahun terakhir kariernya bersama Servette pada akhir tahun 80-an, sementara Christian Karembeu, Martin Chivers dan Martin Petrov semuanya menikmati masa bermain di klub Swiss tersebut.

Mantan bek kiri Arsenal dan Manchester City Gael Clichy mungkin merupakan anggota alumni mereka yang paling terkenal di zaman modern. Clichy bergabung dengan klub Swiss tersebut dengan status bebas transfer pada tahun 2020, awalnya menandatangani kontrak selama 18 bulan, tetapi pemain Prancis itu bertahan di Jenewa selama tiga tahun.

Clichy, yang sudah memasuki usia senja, tampil sebanyak 79 kali di liga untuk klub tersebut sebelum mengakhiri kariernya pada tahun 2023. Mantan rekan setim Clichy di Arsenal, Philippe Senderos, adalah direktur olahraga Servette, klub masa kecilnya, saat ia tiba.

BACA BERITA CHELSEA TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP