Habisi Sabah FC, PSM Makassar Tetap Gagal Melaju ke Fase Gugur – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSM Makassar sukses mengalahkan Sabah FC pada laga final Grup H Piala AFC 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Likas, Kamis (14/12/2023) sore. Tampil di kandang lawan, Juku Eja menang dengan skor 3-1.

Meski memenangi laga, nasib PSM Makassar masih tak terelakkan. Mereka dipastikan gagal lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara.

PSM Makassar berada di urutan ketiga klasemen akhir dengan 10 poin, sama dengan Hai Phong di atasnya. Sementara di posisi teratas ada Sabah FC (12 poin) yang melaju ke babak semifinal.

Pertandingan perjalanan

Incar kemenangan, PSM Makassar tampil agresif sejak peluit awal berbunyi. Meski diketahui apa pun hasilnya, Juku Eja tidak akan lolos ke babak selanjutnya.

Tekanan langsung telah digunakan sejak awal. Kendati demikian, Sabah tetap menjaga pertahanan yang sangat kokoh sehingga membuat PSM kesulitan mencetak gol.

Memasuki menit ke-15, PSM Makassar berhasil memecah kebuntuan. Umpan manis Kenzo Nambu diterima Yakob Sayuri. Lewat serangan sisi kiri, Yakob melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

PSM terus mendominasi permainan pada laga ini. Sabah FC yang dipastikan lolos ke babak selanjutnya tampak mampu menahan serangan.

Namun, mereka mendapat beberapa peluang meski tidak menghasilkan gol. Nyatanya, Juku Eja menambah keunggulan.

Dominic Jun Jin Tan mencetak gol bunuh diri yang menjadikan skor 2-0 untuk PSM. Hingga akhir babak pertama skor tidak berubah.

Di babak kedua nampaknya Sabah mulai menyerang. Tekanan terlihat di lini pertahanan PSM Makassar.

Namun tim besutan Bernardo Tavares cukup kuat menjaga gawang hingga tak kebobolan. meski akhirnya pecah.

Tepat pada menit ke-73. Telmo Castanheira berhasil menggetarkan gawang PSM yang dikuasai Muhamamd Ardiansyah. Skor kini menjadi 2-1.

Di menit-menit akhir pertandingan, Sabah FC semakin agresif. Saddil Ramdani dan kawan-kawan terus menggempur gawang PSM Makassar.

Bukannya menyamakan kedudukan, Sabah justru kembali kalah. Di menit akhir, Everton kembali mengubah kedudukan lewat tendangan penalti dan mencetak kemenangan 3-1 atas PSM Makassar.

Berbaris

Sabah FC (3-4-3): Khairul Fahmi; Dominic Jun Jin Tan, Park Tae-su, Gabriel Peres; Ko Kwang-min, Stuart Wilkin, Irfan Fazail, Daniel Ting; Saddil Ramdani, Telmo Castanheira, Ramin Machado.

Pelatih: Ong Kim Swee.

PSM Makassar (3-5-2): Muhamamd Ardiansyah; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safruddin Tahar; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfab, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Joao Pedro, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavares.