Georgia dan Czechia sama-sama di ambang eliminasi Euro 2024 setelah bermain imbang 1-1

by

Hasil imbang 1-1 antara Georgia dan Ceko membuat keduanya di ambang tersingkir dari Euro 2024 setelah dua putaran pertandingan penyisihan grup.

Kedua belah pihak dikalahkan pada pertandingan pertama turnamen dan akan tersingkir jika mereka kalah dalam pertemuan hari Sabtu pada pertandingan kedua di Hamburg.

Namun harapan mereka untuk bertahan hidup akan menuju ke matchday ketiga setelah bermain imbang dengan hasil imbang yang mendebarkan di Volksparkstadion.

Penyerang Bayer Leverkusen Adam Hlozek mengira ia telah memberi Czechia keunggulan pada pertengahan babak pertama ketika ia mencetak gol setelah Georgia gagal menyapu bersih lemparan ke dalam yang jauh. Namun tayangan ulang menunjukkan sentuhan terakhir bola terlepas dari lengan Hlozek setelah ia bertabrakan dengan kiper Giorgi Mamardashvili, dan gol tersebut dianulir oleh VAR.

Georgia menyia-nyiakan peluang bagus untuk unggul sebelum turun minum ketika perebutan serupa di kotak penalti Czechia menyebabkan kapten Guram Kashia digagalkan oleh kaki Jindrich Stanek dari jarak dekat. Namun, Robin Hranac mendapat penalti karena handball sebelum bola mencapai Kashia dan mereka malah mendapat tendangan penalti.

TOPSHOT-FBL-EURO-2024-MATCH24-GEO-CZE

Mikautadze menempatkan Georgia di depan / RONNY HARTMANN/GettyImages

Georges Mikautadze maju dan mencetak gol untuk memecah kebuntuan dan Georgia memasuki jeda dengan keunggulan gol.

Tepat sebelum satu jam berlalu, Czechia menyamakan kedudukan. Tendangan sudut yang keluar kembali menyebabkan kekacauan di kotak penalti Georgia dan bola memantul kembali membentur tiang, namun langsung menuju jalur Patrik Schick, yang membelokkannya melewati garis dari jarak dekat.

Czechia membombardir Georgia dengan serangan udara lebih lanjut selama sisa pertandingan tetapi tidak mampu menemukan gol kemenangan, sementara mereka hampir dikalahkan dengan tendangan terakhir pertandingan di sisi lain. Perpecahan cepat pada menit ke-95 berakhir dengan Giorgi Chakvetadze tanpa pamrih memberikan umpan kepada Saba Lobzhanidze, yang entah bagaimana melepaskan tembakan dari jarak dekat.

Kedua belah pihak sekarang menuju babak terakhir pertandingan grup yang membutuhkan kemenangan untuk mendapatkan peluang mencapai babak 16 besar. Euro 2024 – Georgia menghadapi Portugal, sementara Czechia menghadapi Turki.

BACA BERITA, PRATINJAU & PERINGKAT PEMAIN EURO 2024 TERBARU