Garuda Pegang Rekor Ciamik di Laga Pertama Piala Asia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Skuad Indonesia harus optimis jelang menghadapi Irak di Grup D Piala Asia 2023. Laga ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Senin, 15 Januari.

Jelang laga ini, Timnas Indonesia yang kesulitan di tiga laga uji coba terakhir bisa menjadikan catatan masa lalunya sebagai penambah semangat.

Skuad Garuda hanya empat kali berturut-turut mengikuti Piala Asia pada edisi 1996 hingga 2007. Dalam kurun waktu tersebut, tim Merah Putih tak pernah kalah pada laga pertama fase grup.

Timnas Indonesia mencatatkan dua kemenangan dan dua kali imbang pada laga pertama di empat edisi Piala Asia yang mereka ikuti.

Namun rekor impresif tersebut tidak diikuti dengan keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke fase gugur alias babak 16 besar.

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (kanan) saat laga melawan Libya. (pssi.org)

Pada edisi 2023, PSSI dan pelatih Shin Tae-yong mengincar timnas Indonesia minimal lolos dari babak penyisihan grup.

Meski sulit, rekor menggembirakan di laga pertama fase grup Piala Asia bisa menjadi modal skuad Garuda menjaga asa melaju ke babak 16 besar.

Pada edisi 1996, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Kuwait 2-2 di laga pertama penyisihan grup.

Skuad Garuda bahkan sempat unggul dua gol lewat gol overhead legendaris yang dicetak Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia.

Namun Kuwait berhasil mendapatkan kembali momentumnya dengan mencetak dua gol di 17 menit terakhir waktu normal untuk memaksakan hasil imbang 2-2.

Pada edisi tahun 2000, Timnas Indonesia juga berhasil menahan imbang Kuwait pada turnamen yang digelar di Lebanon tersebut. Pertandingan kemudian berakhir imbang tanpa gol.

Sedangkan pada edisi 2004, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama fase grup. Ini juga kali pertama mereka merasakan kemenangan di Piala Asia.

Saat itu, Timnas Indonesia menghadapi Qatar. Mereka menang 2-1 lewat gol Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman.

Pada tahun 2007 yang mana Timnas Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam dan Thailand, mereka juga berhasil meraih kemenangan di laga pertama fase grup.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Bahrain dengan skor tipis 2-1. Gol pada laga ini dicetak oleh Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Setelah itu, Timnas Indonesia tidak pernah lagi tampil di Piala Asia, sebelum Shin Tae-yong kembali lolos ke edisi 2023 alias 17 tahun kemudian.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Turnamen besar Benua Kuning itu akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.