Gareth Southgate membuat keputusan mengejutkan untuk Luke Shaw di final Euro 2024

by

Luke Shaw diperkirakan akan menjadi pemain inti Inggris pada final Euro 2024 melawan Spanyol pada hari Minggu.

Bek kiri Manchester United ini turun dari bangku cadangan dalam dua pertandingan terakhir Inggris setelah pulih dari cedera yang membuatnya absen sejak Februari.

Ia diperkirakan akan tetap berada di bangku cadangan pada laga pamungkas Euro 2024 hari Minggu, tetapi sejumlah laporan kini mengungkapkan bahwa Shaw akan melakoni penampilan perdananya di turnamen itu melawan Spanyol untuk menggantikan Kieran Trippier.

Trippier, yang sejauh ini menjadi starter di setiap pertandingan di sisi kiri pertahanan Inggris, mendapat cedera saat melawan Belanda di semifinal.

Manajer Gareth Southgate bersikeras Trippier akan fit untuk bermain melawan Spanyol tetapi kini memilih untuk beralih ke Shaw, yang mencetak gol di final Euro 2020 melawan Italia.

Lukas Shaw

Shaw siap untuk memulai pertandingan pertamanya / Richard Pelham/GettyImages

Berdasarkan TelegrafSouthgate yakin kenyamanan alami Shaw di sisi kiri lapangan bisa menjadi krusial bagi harapan Inggris memenangkan trofi.

Shaw akan menghadapi tugas yang kurang menyenangkan, yakni beradu kepala dengan pemain sayap Barcelona Lamine Yamal, yang merupakan salah satu pemain berprestasi di turnamen musim panas ini.

Southgate sekarang harus memutuskan apakah akan kembali ke formasi empat bek aslinya atau melanjutkan dengan formasi 3-4-2-1 yang telah membawa kesuksesan Inggris di babak sistem gugur.

Pemilik bersama United Sir Jim Ratcliffe mengirim pesan main-main kepada Shaw dalam persiapan menuju pertandingan, mendesak bek kiri itu untuk menjaga otot paha belakangnya setelah sekian lama absen.

BACA LEBIH LANJUT BERITA INGGRIS TERBARU, KUTIPAN, DAN PRATINJAU PERTANDINGAN