Duel Uji Coba Timnas Indonesia vs Iran Digelar Tertutup, Berpengaruh ke Ranking FIFA? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas senior Indonesia dikabarkan akan melakoni laga uji coba melawan raksasa Asia, Iran, sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2023 dan juga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kabar ini pertama kali dirilis media Iran, Sarpoosh, pada Jumat (27/10/2023). Belum diketahui tanggal pastinya, namun kemungkinan besar akan digelar pada awal Januari 2024.

Laga Timnas Indonesia vs Iran juga akan digelar secara tertutup.

Sebelum bermain di Qatar (Piala Asia 2023 Januari 2024), timnas (Iran) akan menggelar laga persiapan melawan Indonesia, 8 hari jelang laga pertama Piala Asia 2023. Laga ini digelar secara tertutup,” tulis Sarpoosh.

Jika sidang memang terlaksana, tentu saja digelar di luar kalender FIFA. Lalu, apakah penghitungan poin dalam pertandingan akan mempengaruhi ranking FIFA?

Jawabannya terserah Anda. Ya, tergantung apakah PSSI dan Federasi Sepak Bola Iran (FFIRI) mendaftarkan uji coba tersebut sebagai pertandingan resmi atau pertandingan kategori A FIFA.

Jika terdaftar, maka akan ada perhitungan poin FIFA pada pertandingan tersebut. Hanya saja poin yang didapat terbilang kecil dibandingkan laga uji coba di kalender resmi FIFA.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, percobaan di luar kalender FIFA berbobot 5, sedangkan di kalender FIFA 10. Sementara untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 berbobot 25.