Didier Deschamps membela Kylian Mbappe dari kritik atas penampilannya di Euro 2024

by

Manajer Prancis Didier Deschamps menegaskan dia tidak khawatir dengan performa Kylian Mbappe musim panas ini di Euro 2024.

Mbappe, yang mengalami patah hidung saat memperkuat Prancis pada pertandingan pembuka turnamen itu, baru mencetak satu gol penalti musim panas ini dan tampil gemilang menjelang akhir kemenangan perempat final atas Portugal, meski negaranya membutuhkan gol dan menghadapi adu penalti.

Meski Deschamps mengakui masalah fisik bisa saja memengaruhi performa Mbappe, ia menegaskan tidak khawatir Real Madrid kondisi mental penyerang menjelang semifinal melawan Spanyol pada hari Selasa.

“Dia bermain selama 110 menit, kami tahu perpanjangan waktu agak sulit,” kata Deschamps tentang keputusannya untuk menarik Mbappe saat melawan Portugal. “Secara fisik, meskipun dia tampak sedikit tidak fit, dia akan berada di lapangan. Kami ingin dia beristirahat sebanyak yang dia butuhkan. Kami melakukan semua yang kami bisa dan saya yakin Kylian berada dalam kondisi pikiran yang tepat.

“Itu tidak terkait dengan pertandingan terakhir, tapi akhir musim lalu, dia mengalami masalah dengan punggungnya, benturan di hidungnya, dia tahu itu bisa jadi akhir dari perjalanannya, tapi dia masih di sini. Saya yakin [against Spain] Kylian akan melakukan segalanya, seperti yang dilakukan orang lain, untuk memberikan 110%.

Kylian Mbappe

Mbappe kesulitan dengan topeng barunya / Lars Baron/GettyImages

“Dia berada dalam situasi baru baginya, kenyataan bahwa dia harus mengenakan topeng yang berarti dia memiliki bidang penglihatan yang berbeda.

“Ini merupakan kejutan besar baginya dan ia harus terbiasa dengan memar itu juga. Pembengkakannya telah berkurang tetapi ia semakin kuat setiap hari. Ia harus terbiasa dengan hal ini selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.”

Mbappe secara terbuka membahas “kengerian” bermain dengan topengmengungkap betapa sulitnya ia beradaptasi dengan cedera barunya.

Gelandang Prancis Adrien Rabiot juga menawarkan dukungannya kepada Mbappe dan penyerang lainnya yang sedang mendapat kecaman, Antoine Griezmann.

“Ini adalah permainan tim dan meskipun mereka mengalami beberapa masalah, kami telah mencapai semifinal,” kata Rabiot. “Semangat tim itu penting dan menang sebagai tim lebih penting daripada menang secara individu.

“Untuk Kylian dan Antoine, mungkin kaki mereka tidak segar seperti yang seharusnya, tetapi kami 100% mendukung mereka. Kami percaya pada mereka. Mereka adalah pemain yang dapat mengubah permainan kapan saja. Ketika kami memiliki kapten, [Mbappe] atau Antoine sedang mengalami masa sulit, tidak apa-apa, kami ada di sana untuk mendukung mereka.”

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU