Dibungkam Vietnam, Shin Tae-yong Masih Puasa Gelar Bersama Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ambisi Shin Tae-yong mengakhiri kekeringan bersama Timnas Indonesia gagal terwujud di Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda Muda kalah dari Vietnam lewat adu penalti.

Laga Timnas U-23 melawan Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023 berakhir dengan skor 0-0 setelah 120 menit berjalan. Golden Star Warriors akhirnya keluar sebagai juara setelah unggul lewat adu penalti dengan skor 6-5.

Skuad Garuda Muda sebenarnya tampil cukup baik pada laga ini. Dengan jumlah pemain yang terbatas akibat cedera dan pembatasan AFC, Beckham Putra dan kawan-kawan mampu memberikan ancaman serius bagi Vietnam.

Namun harus diakui lini serang Timnas Indonesia U-23 begitu blak-blakan meski ada momen yang disayangkan karena tembakan Ramadhan Sananta yang nyaris seperti gol hanya membentur tiang gawang.

Keputusan ini sekaligus mengakhiri perjalanan rollercoaster Timnas U-23 Indonesia sepanjang Piala AFF U-23 2023.

Kiper Timnas U-23 Indonesia Ernando Ari menggagalkan tendangan penalti striker Vietnam U-23 Nguyen Quoc Viet pada final Piala AFF U-23 2023 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023) sore WIB . [Dok. Twitter/@TimnasIndonesia]

Tim Merah Putih mengawali acara ini dengan penampilan kurang meyakinkan. Mereka harus lolos ke babak semifinal lewat jalur runner-up terbaik setelah kalah 1-2 dari Malaysia dan menang tipis 1-0 atas Timor Leste di Grup B.

Namun sejak babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 tampil apik. Mereka berhasil menyingkirkan tuan rumah Thailand dan mengakhiri kutukan tak pernah menang di kandang sendiri bagi Gajah Perang selama 38 tahun terakhir.

Sayangnya, pertarungan skuad asuhan Shin Tae-yong itu harus berakhir antiklimaks. Timnas U-23 Indonesia kalah adu penalti setelah kiper Ernando Ari menjadi satu-satunya penendang yang gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Kekalahan ini membuat puasa Shin Tae-yong meraih gelar juara bersama Timnas Indonesia terus berlanjut. Sejak ditunjuk menjadi juru taktik tim Merah Putih pada Desember 2019 lalu, sosok asal Korea Selatan ini belum menorehkan prestasi berarti bagi Indonesia.

Hasil terbaik yang diberikan Shin Tae-yong adalah menjadi runner-up Piala AFF 2020. Saat itu, Timnas Indonesia kalah dari Thailand di babak final.

Saat Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023, sosok yang duduk di kursi pelatih adalah Indra Sjafri.