Dibantai Australia, Shin Tae-yong Tolak Anggapan Timnas Indonesia Tampil Buruk: Kami Cuma Kalah Pengalaman – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan agar timnya tidak kalah dalam laga melawan Australia. Ia mengatakan hasil akhir lebih menjadi faktor perbedaan pengalaman kedua tim.

Skuatnas Indonesia dibantai Australia dengan skor 0-4 pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Skuad Garuda langsung kebobolan pada menit ke-12 pertandingan di mana Elkan Baggott mencetak gol bunuh diri setelah Jackson Irvine memblok bola ke gawang.

Baca juga: Timnas Indonesia Disingkirkan Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Ungkap Ini

Setelahnya, Australia tampil dominan. Mereka menambah tiga gol melalui Martin Boyle (45′), Craig Goodwin (89′), dan Harry Souttar (90+1′).

Meski kalah, Timnas Indonesia bermain cukup baik terutama di babak pertama. Beberapa kali skuad Garuda mampu menguasai permainan dan mengganggu pertahanan The Socceroos.

Namun, Rafael Struick dan rekan satu timnya kesulitan membongkar pertahanan Australia. Alhasil, para pemain Timnas Indonesia tak bisa mencetak gol apa pun.

Sorotan Timnas Indonesia vs. Australia pada Minggu (28/1/2024). (pssi.org)

“Kami tidak kalah dari segi performa, mereka bermain bagus dan mengeksekusi instruksi saya dengan baik,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

“Tetapi memang benar bahwa unsur pengalaman masih dibutuhkan oleh para pemain kami.”

“Kami kalah karena tingkat pengalaman dan konsentrasi. Kami tidak menyelesaikan pertandingan dengan baik, pemain dan pelatih Australia jelas lebih berpengalaman,” ujarnya.

Shin Tae-yong bangga dengan penampilan Timnas Indonesia meski kalah dari Australia. Menurutnya, Asnawi Mangkualam Bahar sudah berusaha semaksimal mungkin.

Baca juga: Shin Tae-yong Keberatan Australia Ikut Piala AFF, Kenapa?

Ke depannya, Shin Tae-yong menyebut Timnas Indonesia akan berusaha lebih keras. Tentunya dengan menampilkan permainan yang lebih baik untuk memenangkan pertandingan.

“Mungkin lain kali kita akan bertemu mereka lagi dengan kekuatan yang berbeda,” pungkas pelatih asal Korea Selatan itu.

Kekalahan ini menyingkirkan Timnas Indonesia dari Piala Asia 2023. Namun Tim Merah Putih berhasil mengukir sejarah dengan tampil pertama kali di babak 16 besar.

Sementara Australia masih menunggu lawannya di babak perempat final, yakni pemenang antara Arab Saudi dan Korea Selatan. Laga Arab Saudi kontra Korea Selatan tersaji pada 30 Januari 2024.