Di Tengah Masa Pramusim, PSSI Desak Klub Segera Lepas Pemain untuk Bela Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI berharap klub-klub segera melepas pemainnya yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia, karena hingga hari ketiga pemusatan latihan di Surabaya, baru 15 pemain yang tergabung dalam skuat Garuda.

“Sudah saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Seharusnya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada aktivitas di klub,” kata Manajer Timnas Indonesia, Sumardji.

“Mohon dimaklumi karena kami juga ingin chemistry antar pemain. Komunikasi antara timnas dan klub tidak boleh seperti ini lagi,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (7/6/2023).

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji. [ANTARA/Bayu Kuncahyo]

Dari 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong, hanya 15 pemain yang muncul.

Mereka adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fahcruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Edo Febriansyah.

Selain Rizky Ridho dan Witan, tiga pemain tim juara Liga 1 PSM Makassar 2022/2023 juga diketahui belum bergabung dengan timnas, selain beberapa pemain yang bermain di luar negeri.

Khusus PSM, PSSI menyatakan bisa memaklumi karena tim berjuluk Juku Eja itu masih disibukkan dengan laga play-off Liga Champions Asia melawan Bali United yang menggunakan sistem home and away.

Menurut Sumardji, skuad timnas Indonesia akan siap paling lambat 12 Juni atau dua hari sebelum pertandingan FIFA Matchday melawan Palestina yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

“Semua ini untuk kepentingan bangsa dan negara. Jadi saya mohon pengertiannya. Ini dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Sumardji.

Pemain yang berkarier di luar negeri antara lain Jordi Amat (Johor Da’rul Tazim/Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah/Malaysia), Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang), Shayne Pattynama (Viking FK)/Norwegia), dan Asnawi Mangkualam ( Jeonnam Dragons / Korea Selatan) masih membela klubnya masing-masing hingga 10 dan 11 Juni.

Sedangkan Elkan Baggott (Cheltenham Town/Inggris) baru akan bergabung dengan Surabaya pada Kamis.

Setelah menghadapi Palestina, timnas Indonesia akan melakoni laga seru melawan timnas juara dunia Argentina di FIFA Match Day bulan Juni ini.

Skuad Garuda akan menguji kekuatan Lionel Messi dan kawan-kawan pada 19 Juni ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni mendatang.