Di mana dan bagaimana Riccardo Calafiori akan cocok di Arsenal

by

Riccardo Calafiori adalah salah satu nama paling menarik yang beredar di dunia transfer pasar musim panas ini, dan semua jalan tampaknya mengarahkannya ke Arsenal.

Tim asuhan Mikel Arteta telah lama dikaitkan dengan bek kiri baru untuk melengkapi lini belakang mereka yang nyaris sempurna. Jurrien Timber mampu kembali fit sepenuhnya sebelum akhir musim lalu setelah cedera ACL, tetapi klub masih mencari pemain pengganti seperti Oleksandr Zinchenko dan Jakub Kiwior.

Masuklah Calafiori dari Bologna – seorang bek yang hebat dan serba bisa yang dapat memberikan banyak keterampilan bagi skuad Arsenal.

Bakat pemain berusia 22 tahun ini sudah merajalela di Italia, tetapi setelah penampilan gemilang bersama Bologna di Serie A, Calafiori telah menarik perhatian banyak klub di Eropa. Kesuksesannya berlanjut di panggung internasional, yang melambangkan secercah harapan di tengah kegagalan Italia di turnamen Euro 2024 – juara bertahan tersingkir di babak 16 besar.

Ketertarikan Arsenal terhadap pemain tersebut nyata dan klub sudah mulai terlibat dalam pembicaraan untuk membawa bek tersebut ke Emirates.

Bagi Bologna, Calafiori sangat penting musim lalu. Ia bermain sebagai bek tengah dalam formasi tiga pemain dan empat pemain bertahan, dan juga dapat digunakan sebagai bek kiri saat dibutuhkan. Keahliannya tidak hanya terbatas pada lini pertahanan, tetapi juga mampu menggerakkan lini tengah dan menciptakan permainan membangun serangan yang penting bagi klubnya.

Oleksandr Zinchenko dan Gabriel

Calafiori bisa bersaing dengan bek kidal Arsenal lainnya / Michael Regan/GettyImages

Dalam duel, ia berkembang pesat, bertarung satu lawan satu dengan lawannya untuk menjadi ancaman nyata di lapangan. Ia dikenal sangat agresif terhadap pengawalnya, berlari cepat ke arah pemain sebelum memperlambat laju untuk melakukan tekel dengan ketenangan luar biasa.

Kehadirannya di udara juga sangat menarik, dan kemampuannya untuk melakukan underlap dan overlap dapat mengakhiri pencarian panjang Arteta untuk bek sayap terbalik.

Calafiori berbakat di berbagai area lapangan, tampil nyaman di sayap, di tengah permainan, dan juga saat menerobos lini tengah untuk mempercepat permainan. Ia akan menjadi peningkatan yang jelas di lini pertahanan, menawarkan kontrol yang lebih baik daripada Zinchenko dan ketenangan yang lebih baik daripada Kiwior.

Meskipun pemain tersebut tidak akan menggantikan Gabriel Magalhaes, ia juga bisa menjadi opsi pelapis yang berguna saat dibutuhkan. Arteta tetap senang dengan kerja sama yang hebat antara William Saliba dan pemain Brasil tersebut dan jelas bahwa pemain baru tidak akan menggantikan kedua bintang tersebut.

Arsenal bisa sangat mengandalkan pemain seperti Calafiori baik di lini bertahan maupun menyerang. Pemain asal Italia itu berkontribusi di kedua area permainan untuk Bologna, membentuk bagian penting dari sistem penguasaan bola mereka. Bahkan, ia mengakhiri musim 2023/24 dengan dua gol melawan Juventus, menambah lima assist yang telah ia buat di awal musim.

Bologna dilaporkan tetap teguh pada harga yang diminta sebesar €50 juta (£43 juta), tetapi diharapkan terlibat dalam pembicaraan dengan The Gunners.

Kepindahan Calafiori akan sangat menarik, dan bisa membantu Gudang senjata mengakhiri penantian 21 tahun mereka untuk meraih trofi Liga Primer.

BACA BERITA ARSENAL TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP