Daftar Klub Peserta BRI Liga 1 2023/2024 dengan Skuad Termurah, Persita Tangerang Termasuk – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Saat bursa transfer Liga 1 2023 ditutup pada Kamis (20/7/2023) malam WIB, sejumlah klub dengan gelar murah turut mewarnai jalannya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Persib Bandung menjadi tim termahal di Liga 1 2023 musim ini, klub asal Jawa Barat tersebut memiliki total harga Rp 103 miliar.

Dari skuad termahal tersebut, ada juga pemain termahal Maung Banding yakni Mack Klok dengan nilai pasaran Rp 8,26 miliar.

Sedangkan pemain asing termahal Persib masih dipegang bek Belanda Nick Kuipers yang memiliki banderol sekitar Rp6,95 miliar.

Lantas tim mana yang memiliki skuat termurah di Liga 1 2023? Berikut adalah beberapa klub tersebut.

1.Madura United

Laskar Sape Kerrap memiliki banderol Rp 60,01 miliar, hal ini bisa dimaklumi karena bintang di klub ini tidak banyak.

Madura United lebih banyak menggunakan pemain senior, dengan rata-rata usia 27,5 tahun untuk setiap pemain.

Hanya Hugo Gomes yang menjadi pemain termahal dengan nominal Rp 6,95 miliar, sedangkan pemain lokal termahal milik Koko Ari dengan nominal Rp 3,91 miliar.

2. Barito Putra

Setelah berada di papan atas, Barito Putera ternyata memiliki skuat yang tak kalah mahal dengan pemain yang dimilikinya.

Klub berjuluk Laskar Antasari itu memiliki harga pasaran sekitar Rp 61,70 miliar, Renan Silva menjadi pemain termahal klub tersebut dengan harga Rp 5,21 miliar.

Lalu Makan Konate dengan harga pasaran Rp 3,91 miliar sebagai pemain baru yang didatangkan dari RANS Nusantara FC.

3. Persita Tangerang

Cisadane Warriors Warriors tampil impresif di awal kompetisi, dengan skuat Rp 50,67 miliar mampu menunjukkan kualitas terbaiknya.

Tim ini tidak banyak melakukan aktivitas transfer, Persita hanya menyimpan wajah-wajah lama diantaranya Ramiro Fergonzie, Sing Young Bae dan Javlon Guseynov.

Pemain termahal Persita dipegang oleh Javlon dengan nominal Rp5,65 miliar, sedangkan Muhammad Toha menjadi pemain lokal termahal dengan nilai Rp3,48 miliar.

4.RANS Nusantara FC

Dimiliki oleh Raffi Ahmad, RANS Nusantara FC hanya memiliki nilai pasar Rp 45,80 miliar.

Menghadapi musim 2023/2024, tim ini tidak banyak mendatangkan pemain bintang dengan label besar, hanya Angelo dengan Rp 3,48 miliar.

Ternyata tidak hanya Angelo yang memiliki market value sebesar itu, tiga pemain RANS Nusantara FC lainnya juga sama.

Diantaranya adalah Mitsuru Maruoka, Kenshiro Daniels dan pemain lokal Indonesia, Arief Satria

5. Persikabo 1973

Tim ini jauh dari kata mewah, Laskar Padjajaran menjadi tim termurah di Liga 1 2023/2024 dengan total nilai nominal Rp 49,54 miliar.

Dimas Drajad menjadi pemain termahal klub dengan harga pasaran Rp 3,91 miliar, di bawahnya ada beberapa pemain asing.

[Penulis: Eko Isdiyanto]