Coach Justin Bongkar Pentingnya Kehadiran Stefano Lilipaly di Timnas Indonesia Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana atau Pelatih Justin menilai Stefano Lilipaly pantas masuk timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023.

Namun fokusnya tertuju pada Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terkait pemilihan skuad yang akan berangkat ke Turki untuk pemusatan latihan (TC) jelang Piala Asia 2023, tanpa Stefano Lilipaly.

Lilipaly tak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, meski sang pemain kini tampil apik bersama Borneo FC di Liga 1 2023/2024.

Stefano Lilipaly menjadi bintang kemenangan Borneo FC atas tamunya Dewa United pada laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2023-2024, Sabtu (28/10/2023) malam WIB.

Lilipaly musim ini tampil dalam 23 pertandingan dengan sembilan gol dan sembilan assist. Tak hanya itu, prestasinya pun berhasil membawa Borneo FC menjadi juara Liga 1.

Menurut Coach Justin, kehadiran Lilipaly punya peran penting bagi Timnas Indonesia di Piala Asia mendatang. Pasalnya, sebagai pemain naturalisasi asal Belanda, Lilipaly membawa pengalaman senior.

Pelatih Justin menambahkan, saat ini pemain senior Skuad Garuda yang direncanakan bermain di Piala Asia cukup banyak, hanya Jordi Amat, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Oleh karena itu, kehadiran Lilipaly di Timnas Indonesia dinilai dapat memberikan dukungan mental bagi para pemain muda dalam menghadapi tekanan sepanjang turnamen.

Lebih lanjut, Coach Justin mencatat bahwa Lilipaly dapat menjadi penghubung antara pemain lokal dan pemain alami, sebuah aspek penting dalam membangun chemistry tim.

Prinsipnya Lilipaly harus ikut, apalagi banyak pemain naturalisasi yang belum sepenuhnya mengenal budaya Indonesia. Fano menurut saya sudah fasih berbahasa Indonesia sehingga bisa menjadi penghubung yang mempersatukan pemain lokal dan naturalisasi untuk berkreasi lebih baik. sinergi,” kata Coach Justin di akun YouTube pribadinya, Justinus Lhaksana.

Meski demikian, Pelatih Justin sebenarnya tak mempermasalahkan pemilihan pemain Shin Tae-yong. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu harus punya pertimbangan matang.

Alasan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menjelaskan alasan Stefano Lilipaly tidak dipanggil ke Timnas Indonesia. Meski performa menggembirakan terlihat di BRI Liga 1.

Meski mencetak sembilan gol dan 11 assist dalam 23 pertandingan bersama Borneo FC, Lilipaly tak memenuhi kriteria pelatih asal Korea Selatan itu.

Meski mengakui kehebatan Lilipaly, Shin Tae-yong mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi fisik sang pemain yang disebutnya tidak akan bertahan lama di Piala Asia 2023.

Meski Borneo FC saat ini memimpin klasemen Liga 1 dengan 51 poin, unggul 10 poin dari Bali United di peringkat kedua, Lilipaly tak akan merasakan panggilan untuk bergabung ke timnas Indonesia.

Alasan utama yang ditonjolkan Shin Tae-yong adalah kondisi fisik dan stamina Lilipaly yang dirasa belum cukup untuk bersaing dengan tim-tim kuat di Piala Asia.

“Lilipaly adalah pemain yang sangat bagus di liga. Saya telah melihatnya secara langsung dan dia jelas tampil sangat baik di liga. Namun jika kami bermain melawan tim di atas kami, secara fisik kami akan sangat lelah. Memang benar saya Saya sudah melihat Lilipaly secara langsung selama beberapa tahun sekarang, tapi “Untuk Piala Asia, sepertinya sangat sulit secara fisik,” kata Shin Tae-yong.