Cerita Union Berlin Promosi ke Bundesliga, Kini Tampil di Liga Champions Musim Depan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Usai mengalahkan Bayern Munich di pekan ke-10 Bundesliga musim ini, Union Berlin melanjutkan mimpinya untuk melangkah ke level kompetisi berikutnya. Menyelesaikan musim 2022-2023 di peringkat ke-4, Union Berlin akan bergabung dengan Bayern Munich, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig di Liga Champions musim depan.

Tim besutan Urs Fischer berhasil mengumpulkan 62 poin dari 34 pertandingan yang dimainkan, mengoleksi 18 kemenangan, 8 seri dan 9 kekalahan.

Sebagai anak baru di Bundesliga, aksi Union Berlin tentu mengejutkan meski merupakan salah satu klub tertua di Liga Jerman.

Didirikan pada tahun 1966, klub asal Olympia Oberschoneweide ini beberapa kali berganti nama, salah satunya menjadi SG Ibershconeweide.

Pada tahun 1960 ia menjadi anggota DDR-Oberliga yang merupakan kasta tertinggi di kompetisi sepak bola Jerman Timur.

Mengoleksi gelar divisi ketiga dua kali pada tahun 90-an, tetapi masalah keuangan membuat Union Berlin merangkak kembali ke Bundesliga pada tahun 2001.

Kemudian kembali ke divisi dua kompetisi pada 2008-2009, sebelum mengatasi satu dekade perjuangan untuk akhirnya kembali ke papan atas Bundesliga.

Tepatnya pada musim 2019-2020, keberhasilan mengalahkan VfB Stuttgart di babak playoff menjadi tiket Union Berlin menuju kasta tertinggi.

Promosi pertama ke Bundesliga dalam sejarah klub, setelah lebih dari satu dekade tampil di divisi dua.

Liku-liku Union Berlin telah terbayar lunas, meski tidak sempurna, Liga Champions musim depan akan menjadi tantangan terbaru klub yang bermarkas di Stadion Alte Foesterei.