Burnley ‘sedang berdiskusi’ dengan legenda Man Utd mengenai lowongan manajer

by

Burnley bisa memberi legenda Manchester United Ruud van Nistelrooy jalan kembali ke manajemen saat mereka berusaha menggantikan Vincent Kompany setelah dia diburu oleh Bayern Munich.

Van Nistelrooy telah menganggur selama setahun terakhir setelah meninggalkan PSV Eindhoven pada musim panas 2023, dengan alasan kurangnya dukungan. Dia telah memenangkan Piala Belanda untuk klub, sementara sebagian besar skuadnya kemudian mengalahkan Feyenoord asuhan Arne Slot untuk meraih gelar Eredivisie musim lalu.

Sukan BBC melaporkan bahwa Burnley, yang berambisi menjadikan Kompany sebagai manajer luar negeri pertama mereka, telah mengadakan pembicaraan dengan Van Nistelrooy. Ada juga kontak dengan Frank Lampard dan Scott Parker, keduanya memiliki pengalaman Liga Premier tetapi sedang menganggur, tetapi Van Nistelrooy dikabarkan hampir menyetujui “kontrak multi-tahun” di Turf Moor.

Mantan striker berusia 47 tahun ini sebelumnya pernah menangani Jong PSV, serta skuad klub U-19, diselingi dengan beberapa periode sebagai asisten di tim nasional Belanda.

Van Nistelrooy pensiun sebagai pemain pada tahun 2012 setelah sempat bermain singkat di Hamburg dan Malaga. Dia pertama kali membuat namanya terkenal pada akhir 1990-an bersama PSV, mencetak 77 gol dalam 90 penampilan, dan hampir bergabung dengan Manchester United dengan harga £18,5 juta pada musim panas 2000 hingga kekhawatiran cedera membuat kesepakatan itu ditunda dan akhirnya dibatalkan. Keesokan harinya, sang striker mengalami pecahnya ACL.

Namun kesepakatan itu dihidupkan kembali setahun kemudian, yang membuat Van Nistelrooy menjadi salah satu pencetak gol terhebat dalam sejarah Liga Premier, dan bisa dibilang sosok yang diremehkan dalam sejarah Old Trafford.

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy mencetak 150 gol dalam 219 pertandingan Man Utd / Alex Livesey/GettyImages

Dia mencetak dua gol dalam debutnya di Premier League pada tahun 2001 dan kemudian mencetak 36 gol di semua kompetisi pada musim debutnya, dan mencetak 44 gol lagi pada musim keduanya. Selama lima tahun, termasuk cedera jangka panjang pada musim 2004/05, Van Nistelrooy rata-rata mencetak 30 gol per musim dengan seragam United, sebelum meminta hengkang pada tahun 2006 dan bergabung dengan Real Madrid.

Di Spanyol, Van Nistelrooy langsung menjadi pencetak gol terbanyak La Liga pada musim 2006/07 saat Madrid memenangkan gelar, namun kombinasi usia dan cedera membuat jumlah golnya dengan cepat menurun.

Dia bermain di Turf Moor sekali selama karirnya, sebagai starter Manchester United dalam pertandingan Piala Liga pada bulan Desember 2002. Diego Forlan dan Ole Gunnar Solskjaer, yang menggantikan pemain Belanda itu di babak pertama, mencetak gol dalam kemenangan 2-0 untuk tim Sir Alex Ferguson.

BACA BERITA TERBARU, RUMOR TRANSFER DAN REAKSI PERTANDINGAN