Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Peluang ke Babak 16 Besar – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam pada laga pekan kedua Grup D Piala Asia 2023. Pada laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) sore, skuad Garuda unggul tipis. menang dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Timnas Indonesia pada laga tersebut dicetak Asnawi Mangkualam lewat tendangan penalti di babak pertama. Hasil ini membuka peluang skuad Garuda tampil di babak 16 besar, dan di laga final tim besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang.

Laga Timnas Indonesia vs Jepang dijadwalkan pada 24 Januari 2024. Sedangkan Vietnam akan menghadapi Irak di final Grup D.

Pertandingan Perjalanan

Pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan jelang dimulainya laga kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.

Timnas Indonesia langsung melakukan kick-off sejak kick-off. Hanya beberapa detik setelah bola bergulir, Rafael Struick punya peluang. Sayangnya, peluang tersebut terbuang sia-sia setelah tendangan first-time sang debutan berhasil ditepis kiper Vietnam Filip Nguyen.

Timnas Indonesia terus membombardir pertahanan Vietnam, dan pada menit kedelapan Rafael kembali mendapat peluang. Berawal dari kerja sama satu atau dua pemain Timnas Indonesia, Rafael yang menerima bola langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun si kulit bundar meleset dari atas gawang Vietnam.

Vietnam bermain lebih sabar dan menunggu momen yang tepat untuk melancarkan serangan. Namun hingga menit ke-25 pertandingan, Nguyen Quang Hai cs belum mendapatkan peluang emas.

Tekanan ketat yang dilakukan Timnas Indonesia membuat permainan Vietnam sulit berkembang. Golden Stars lebih banyak bermain di area pertahanannya sendiri.

Memasuki menit ke-30, Timnas Indonesia kembali melancarkan serangan berbahaya. Permainan cepat pertahanan Vietnam nyaris membuahkan gol andai saja tembakan Sandy Walsh tidak terlalu lemah.

Vietnam menebar ancaman pada menit ke-32. Pham Tuan Hai, yang lolos dari kendali Justin Hubner, lolos tanpa pendamping. Beruntung Jordi Amat berhasil menyapu bola keluar lapangan.

Peluang terbaik dimiliki Timnas Indonesia pada menit ke-36. Umpan silang manis Justin Hubner disambut sundulan Sandy Walsh. Sayangnya, sundulannya masih bisa dibelokkan oleh Filip Nguyen.

Pada menit ke-42, Timnas Indonesia mendapat peluang emas. Wasit menghadiahkan titik penalti setelah Rafael Struick dijatuhkan pemain Vietnam di kotak penalti.

Asnawi Mangkualam yang maju sebagai algojo dengan tenang merobek gawang Nguyen. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia!

Timnas Indonesia kembali mendapat peluang di babak tambahan waktu pertama. Menerima umpan silang Justin Hubner, Rafael Struick menyundul bola ke arah gawang namun berhasil diludahkan oleh Filip Nguyen.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas Indonesia berkali-kali ditekan oleh Vietnam. Tim asuhan Philippe Troussier membuat Ernando Ari terjatuh hingga menggagalkan beberapa peluang The Golden Star Warriors.

Seperti yang terjadi pada menit 48. Pemain pengganti Khuat Van Khang melepaskan diri dari sisi kiri kotak penalti dan melepaskan tembakan keras kaki kiri. Beruntung Ernando Ari tampil gemilang dengan menepis bola.

Vietnam kembali mengancam gawang Timnas Indonesia pada menit ke-52. Vhan Khang yang perkasa melepaskan tendangan keras namun gagal di sisi kanan gawang Ernando.

Keadaan berbalik di babak kedua, lini pertahanan Timnas Indonesia mendapat banyak tekanan dari Vietnam. Hingga menit ke-65, skuad Garuda masih kesulitan keluar dari tekanan.

Peluang pertama didapat Timnas Indonesia pada babak kedua pada menit ke-70. Sayangnya, Hokky Caraka yang menggantikan Rafael Struick gagal melepaskan tembakan tepat ke gawang Filip Nguyen.

Beberapa pemain yang dimasukkan Shin Tae-yong–Adam Alis, Hokky Caraka, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman– mengubah permainan skuad Garuda. Namun Vietnam masih mendominasi babak kedua.

Hokky Caraka kembali mendapat peluang pada menit ke-80 usai menerima umpan Justin Hubner. Namun tendangannya melenceng dari sasaran.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain dalam waktu 90+1 menit. Le Pham Thanh Long harus mandi lebih awal untuk menghindari kartu kuning kedua.

Pertandingan masih berlangsung intens di menit-menit akhir. Timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain mencoba memanfaatkan keunggulan tersebut dengan menyerang lebih agresif.

Beberapa peluang tercipta, termasuk Marcelino pada menit 90+9. Sayangnya tendangannya masih melambung di atas mistar. Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan.

Berbaris

Tim Nasional Vietnam (5-3-2): Filip Nguyen; Trong Minh Vo, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Ant; Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier.

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Hernando Ari; Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marcelino Ferdinand, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Sruick, Egy Maulana Vikri.

Pelatih: Shin Tae-yong.